‘Partikel Tuhan’ Di Sebuah Laboratorium

Author - January 5, 2011

‘Partikel Tuhan’ Di Sebuah Laboratorium – Para ilmuwan Large Hardon Collider (LHC) untuk pertama kalinya mengubah data yang dihasilkan menjadi suara. Tujuannya satu, mencari eksistensi partikel terkecil pembentuk jagad raya yang disebut Higgs Boson atau disebut juga dengan istilah ‘partikel Tuhan’.

Dikutip dari vivanews Ide mengubah data-data itu menjadi suara datang dari fisikawan European Laboratory for Particle Physics (CERN), Dr Lily Asquith.

Menggunakan perangkat lunak (software), ia mengubah data-data tersebut menjadi suara. Ternyata, masing-masing partikel memiliki ‘kepribadian’, suara yang unik.

Seperti apa suara yang dihasilkan? Mungkin tidak bisa dideskripsikan sebagai musik. Tapi suara ini pasti akan menarik perhatian para fans avante garde — orang-orang yang menghasilkan karya inovatif.

Data baru mengenai asal usul alam semesta ini mengalir dengan sangat cepat dari LHC sehingga fisikawan berharap dapat memperpanjang fase proyek ‘Big Bang’ sampai akhir 2012 — untuk menguak misteri pembentukan alam semesta 13,7 miliar tahun lalu.

Proyek Big Bang mini diciptakan dalam detektor 10.000 ton dalam terowongan yang disebut Alice (A Large Heavy Ion Experiment).

Comments are closed.