142 Calon Pimpinan KPK Ikuti Ujian Penulisan Makalah

142 Calon Pimpinan KPK Ikuti Ujian Penulisan MakalahBerita Terbaru, Hari ini, Senin (25/7/11), sebanyak 142 Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Periode 2012-2016 akan mengikuti ujian penulisan makalah di Kantor Kementerian Hukum dan HAM RI, Jakarta. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari proses seleksi calon pimpinan KPK.

Kegiatan tersebut akan dibukan oleh Menteri Hukum dan HAM yang juga menjabat sebagai Ketua Pansel KPK, Patrialis Akbar. Patrialis akan memberikan pengarahan terkait ujian tersebut.

Sebelumnya telah diadakan seleksi tahap pertama terhadap 233 berkas pendaftar. Sebanyak 65,49 persen berlatar belakang hukum, 23,24 persen dari bidang keuangan, 6,34 persen dari bidang ekonomi, sisanya dari sektor perbankan. Dari hasil seleksi tersebut, sembilan pendaftar wanita seluruhnya lolos tahap kedua, sedangkan pendaftar laki-laki yang lolos sebanyak 133 orang.

Dalam seleksi awal tersebut, terdapat lima orang pejabat aktif KPK yang lolos yaitu, Chandra M Hamzah, Ade Rahardja, Johan Budi, dan Abdullah Hehamahua. Nama-nama tokoh terkenal lainnya yang juga lolos seleksi awal adalah Ketua PPATK, Yunus Husein, praktisi hukum Bambang Widjojanto, Anggota DPD I, dan Wayan Sudirta. Dua nama terakhir sempat masuk hingga tahap wawancara akhir pada pemilihan pimpinan KPK menggantikan Antasari Azhar, yang akhirnya terpilih Busyro Muqoddas.

Comments are closed.