16 Juni 2011, Gerhana Bulan Berdarah

Author - June 15, 2011

16 Juni 2011, Gerhana Bulan BerdarahBerita Terbaru, Pada 16 Juni 2011 mendatang, hampir seluruh wilayah di Indonesia akan disajikan dengan pemandangan menakjubkan yang jarang terjadi. Tepatnya, pada hari tersebut akan terjadi gerhana bulan total yang menakutkan karena saat gerhana terjadi, bulan akan terlihat berwarna merah darah. Gerhana bulan dapat dikategorikan menjadi 3 opsi, yakni berwarna merah, coklat, atau hitam. Untuk bulan yang berwarna merah dapat terjadi namun dalam kurun waktu yang cukup lama diantara yang lainnya.

Gerhana bulan terjadi ketika matahar, bumi, dan bulan berada dalam posisi sejajar. Bumi berada di tengah, diantara bulan dan matahari. Untuk wilayah Indonesia, gerhana bulan diperkirakan akan berlangsung selama 3 jam 20 menit dengan periode gerhana total mencapai waktu 1,5 jam. Masyarakat Indonesia dapat menikmati fenomena gerhana bulan total antara pukul 01.22 – 05.02 WIB.

Mengingat saat ini wilayah Indonesia memasuki musim kemarau, maka gerhana bulan di Indonesia berpeluang dapat dinikmati dengan mata telanjang tanpa ada gangguan cuaca seperti awan berkabut ataupun hujan. Selain 16 Juni mendatang, gerhana bulan juga diperkirakan akan erjadi kembali pada Desember tahun ini. Sementara itu, untuk kawasan Eropa akan melewatkan tahap awal gerhana bulan karena gerhana terjadi sebelum bulan ‘terbit’. Disana, gerhana akan terjadi pada pukul 18.24 waktu setempat, namun matahari belum terbenam di Inggris hingga pukul 21.19.

Comments are closed.