3 Langkah Perkuat Perdagangan Indonesia

Author - March 11, 2011

3 Langkah Perkuat Perdagangan IndonesiaBerita Terbaru, Dalam sebuah penyampaiannya pada hari ini (10/3/2011), Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan bahwa negara Indonesia ke depannya harus mengubah pola perdagangan, khususnya di kancah internasional. “Mind set kita tidak bisa business as usual, tetapi thinking out of the box”, ujarnya. Selain itu, Hatta pun mengatakan ada tiga cara yang harus dilakukan untuk memperkuat perdagangan Indonesia ke depannya.

Pertama, percepatan. Pemerintah harus melakukan percepatan dan memperluas pembangunan untuk mengimbangi perubahan iklim ekonomi dan politik dunia internasional saat ini. “Mengandung satu esensi dasar, ada suatu desain geo-ekonomi dan geo-politik yang terjadi saat ini. Oleh sebab itu, kita harus mempercepat dan memperluas pembangunan,” tambahnya.

Kedua, konektivitas, yaitu memperkuat koordinasi antara pusat dan daerah maupun dunia internasional dengan cara mengembangkan infrastruktur yang terkait dengan jalur-jalur ekonomi. “Penguatan konektivitas, sinergi di antara pusat-pusat pertumbuhan. Kalau konektivitas kita tidak bangun, maka bisa saja Pulau Sumatera bisa terkoneksi ke negara lain, bukan terkoneksi secara lokal,” tambahnya.

Ketiga, memperkuat sumber daya manusia dan ilmu pengetahuan teknologi. Jangan sampai Indonesia tertinggal dengan negara-negara lain. Hatta menegaskan bahwa ketiga hal itu adalah kunci kesuksesan perdagangan Indonesia ke depan karena perdagangan adalah urat nadi perekonomian setiap negara. “Inilah esensi penting mengapa kita harus akselerasi. Kekuatan itu bukan ideologi lagi, melainkan strategi bisnis ke depan. Perdagangan adalah urat nadi dari setiap negara,” pungkasnya.

Comments are closed.