5 Cara Biar Tak Bangun Kepagian Cuma Karena Kebelet Pipis

Author - July 12, 2012

5 Cara Biar Tak Bangun Kepagian Cuma Karena Kebelet Pipis, Semua orang ingin bisa bangun pagi, tapi tentu bukan karena kebelet pipis karena hal itu bisa mengacaukan mood sepanjang hari. Beberapa hal bisa dilakukan agar tidak bangun terlalu pagi hanya karena buru-buru ingin ke kamar mandi.

Hasrat untuk kencing yang tidak tertahankan sering muncul di pagi hari dan membuat orang terbangun dari tidur bahkan ketika alarm ponsel atau jam beker belum berbunyi. Selain membuat tubuh terbangun dalam kondisi tidak segar, hal ini bisa membuat suasana hati jadi uring-uringan sepanjang hari.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegahnya antara lain sebagai berikut, seperti dikutip dari MSN Healthy Living, Kamis (12/7/2012).

1. Batasi minum di malam hari
Para ahli kesehatan selalu menganjurkan minum air banyak-banyak untuk menjaga kesehatan. Namun ada baiknya anjuran itu dilakukan lebih banyak pada siang hingga sore hari, sedangkan pada malam hari jangan terlalu banyak minum menjelang tidur.

Minuman tertentu yang bersifat diuretik atau peluruh kencing juga sebaiknya dihindari. Teh, kopi, alkohol dan minuman bersoda termasuk jenis-jenis minuman yang bisa memicu kebelet pipis di pagi hari.

2. Cek kesehatan kandung kemih
Selain karena terlalu banyak minum, kebelet pipis di pagi hari bisa juga disebabkan oleh gangguan pada kandung kemih yang terlalu aktif. Kondisi ini bisa diatasi dengan berbagai cara, misalnya dengan latihan-latihan untuk memperkuat otot panggul. Konsultasikan dengan dokter untuk lebih detailnya.

3. Periksa kesehatan prostat
Bagi laki-laki, terlalu sering buang air kecil perlu diwaspadai karena bisa jadi merupakan gejala hiperplasia atau pembengkakan prostat. Pembengkakan yang terjadi di bagian tersebut bisa menyebabkan saluran kecing tertekan sehingga jadi lebih sering kencing meski kadang hanya dalam jumlah kecil.

4. Perhitungkan cairan-cairan yang tidak kelihatan
Meski sudah membatasi minum air putih di malam hari, seringkali hasrat untuk buru-buru kencing ke kamar mandi tetap muncul di pagi hari. Belum tentu masalahnya ada di prostat atau kandung kemih, bisa juga karena cairan-cairan tersembunyi yang sering tidak terperhitungkan.

Buah-buahan terutama seperti semangka dan melon, hampir sebagian besar kandungannya adalah air. Demikian juga makanan berkuah seperti sup, sayur lodeh atau soto ayam juga termasuk sumber-sumber cairan yang tidak terperhitungkan.

5. Pakai obat
Jika berbagai cara sudah dilakukan tetapi tidak membuahkan hasil, hubungi dokter untuk mendapatkan resep obat antidiuretik. Menurut American Urological Association, obat-obat tertentu seperti desmopressin bisa meningkatkan durasi tidur hingga 2 kali lipat karena bisa mengurangi hasrat ingin kencing di pagi hari.

5 Cara Biar Tak Bangun Kepagian Cuma Karena Kebelet Pipis

Comments are closed.