Ada Apa Dengan Dunia Pada Tahun 2050?

Author - March 30, 2011

Ada Apa Dengan Dunia Pada Tahun 2050?Berita Terbaru, Jika melihat perubahan iklim yang kini tidak bisa ditentukan, pastinya akan memiliki dampak buruk bagi bumi. Beberapa peneliti berpendapat bahwa wajah bumi pada tahun 2050, lebih dari satu miliar penduduk kota akan mengalami kekurangan air. Mengapa? Selain berkurangnya persediaan air juga, binatang pun akan mulai terancam jika kota-kota di negara berkembang mulai menyedot air dari luar.

Studi yang diterbitkan di Proceedings of the National Academy of Sciences ini menemukan, tren urbanisasi membuat 993 juta penduduk hidup dengan jumlah air kurang dari 100 liter per orang pada pertengahan abad ini. Perubahan iklim ini akan mempengaruhi 100 juta orang tambahan untuk kebutuhan minum, makan, bersih-bersih, mandi dan toilet.

“Jangan anggap jumlah ini sebagai takdir. Jumlah ini merupakan tantangan,” kata penulis utama Rob McDonald dari Konservasi Alam, kelompok swasta yang peduli lingkungan di dekat Washington. “Ada solusi mendapat air untuk miliaran orang ini. Investasi besar dibutuhkan, baik di infrastruktur atau efisiensi penggunaan air,” katanya.

Saat ini 150 juta orang menggunakan air lebih dari 100 liter tiap hari. Di Amerika Serikat (AS), rata-rata orang menggunakan 376 liter air tiap hari, paparnya. Namun dunia sedang mengalami pergeseran seiring perpindahan orang di India, China dan negara berkembang lainnya. Enam kota terbesar India, seperti Mumbai, Delhi, Kolkata, Bangalore, Chennai dan Hyderabad merupakan kota yang sudah mengalami kekurangan air. Studi meramalkan, 119 juta orang akan kekurangan air pada 2050 di delta Sungai Gangga.

Comments are closed.