Alaska Di Guncang Gempa 7,4 SR, Berpotensi Tsunami

Author - June 24, 2011

Alaska Di Guncang Gempa 7,4 SR, Berpotensi Tsunami – Gempa berkekuatan 7,4 Skala Richter mengguncang sebelah timur Atka, Alaska. Diketahui gempa ini terjadi di 172 km dikedalaman 40 km pinggir pantai. Gempa ini diinformasikan berpotensi menimbulkan tsunami di daerah-daerah pantai.

“Peringatan tsunami saat ini diberlakukan dan mencakup daerah-daerah pantai Alaska mulai Unimak Pass, Alaska (80 mil timur laut Dutch Harbor) hingga Amchitka Pass, Alaska (125 mil sebelah barat Adak),” demikian pernyataan badan Pusat Peringatan Tsunami Alaska dan Pantai Barat seperti dilansir Reuters, Jumat 24/6/2011.

Gempa sendiri terjadi dua kali dalam waktu yang hampir bersamaan. Gempa pertama terjadi di kedalaman sekitar 40 km. Tak lama kemudian gempa kedua berkekuatan 7,2 SR terjadi di daerah yang sama dengan kedalaman yang sama.

Dengan peringatan tsunami ini berarti semua penduduk pantai yang masuk dalam wilayah peringatan tsunami, yang berada di dekat pantai atau wilayah-wilayah dataran rendah harus segera pergi ke daerah yang lebih tinggi dan menjauh dari pelabuhan dan teluk.

Comments are closed.