Alexandra Jadi Juara di Zuhai

Alexandra Jadi Juara di ZuhaiBerita Terbaru, Alexandra Asmasoebrata, biasa disapa Andra, satu-satunya pembalap perempuan Indonesia, tampil meyakinkan di seri lomba balap mobil Asian Formula Renault Challenge 2011 di Zuhai International Circuit, Cina, yang digelar pada 7-8 Mei.

Pada race pertama, Andra start dari peringkat keempat, mampu finis di urutan kedua di belakang rekan satu timnya di PS Racing, Leopold Ringbom, dengan selisih waktu 14,699 detik. Ia melahap 10 lap dengan catatan waktu 16 menit 45,504 detik. Di antara pembalap Asia lainnya, Andra menempati peringkat pertama.

Alex Asmasoebrata mengatakan bahagia atas hasil lomba itu. “Alhamdulillah, alhamdulillah, alhamdulillah. Terima kasih buat perhatian dan bantuannya,” kata Alex, ayah sekaligus manajer Andra, lewat pesan singkatnya.

Andra juga tampil gemilang pada race kedua. Ia menyelesaikan balapan dengan catatan waktu 16 menit 5,353 detik dan menempati peringkat ketiga. Podium pertama diduduki pembalap Amerika Serikat, Juan Arenas, dan peringkat kedua pembalap Cina, Li Chi Cong.

Seri balapan Asian Formula Renault akan berlangsung sebanyak 12 seri. Enam seri awal berlangsung di Zuhai. Sedangkan sisanya digelar di Shanghai. Ada delapan pembalap yang mengikuti lomba balap ini. Andra menjadi satu-satunya pembalap perempuan yang ikutan ngebut.

Andra juga mengikuti balapan ini tahun lalu. Pada race kedelapan di sirkuit yang sama, Agustus 2010, ia finis kedelapan. Di seri penutup tahun lalu, Andra mencapai garis finis di urutan keenam.

Perhelatan Asian Formula Renault Challenge 2011 dimanfaatkan Andra sebagai pemanasan sebelum mengikuti Formula Abarth. Ia bergabung dengan PS Racing Team dengan instruktur asal Finlandia, Pekka Saarinen. Seri balapan Formula Abarth di antaranya akan digelar di Sepang (Malaysia), Shuhai (Cina), Ordos (Mongolia), Zhuhai (Cina), dan Guangzhou (Cina).

Menurut Alex, Andra memanfaatkan Asian Formula Renault Challenge lantaran mobil keluaran Ferrari, yang digunakan di Formula Abarth, tak boleh digunakan di luar balapan resmi.

Perhelatan Formula Abarth akan digelar enam seri. Juara umum pada lomba ini akan beroleh kesempatan melakukan test drive di Italia. Ajang ini sengaja digelar Ferrari untuk mencari bibit-bibit pembalap baru.

Comments are closed.