Ambil Langkah, Mubarak Bentuk Komite Reformasi

Author - February 9, 2011

Ambil Langkah, Mubarak Bentuk Komite ReformasiBerita Terbaru, Menghadapi berbagai aksi yang menuntut mundurnya Presiden Mesir dari para demonstran yang anti pemerintah, rupanya Mubarak sudah mempunyai langkah tersendiri selain mempertahankan kepemimpinannya yang sudah memimpin selama 30 tahun itu hingga masa jabatannya berakhir. Pemerintahan Rezim Hosni Mubarak, baru-baru ini telah membentuk komite yang akan merumuskan reformasi konstitusional mengenai kelayakan calon presiden dan pembatasan waktu kepemimpinan mereka. Hal tersebut merupakan langkah yang tepat bagi Mubarak untuk menghadapi tuntutan mundur dari para demonstran yang hingga kini masih berkumpul di pusat kota Kairo.

Pengumuman pembentukan komite tersebut, disampaikan langsung oleh Wakil Presiden Mesir, Omar Sulaeman pada sebuah siaran di televisi pemerintah pada Selasa, 8 Februari 2011. Pada penyampaiannya itu, Omar mengatakan bahwa Mubarak telah membentuk satu komite lagi yang bertugas untuk memonitor implementasi semua reformasi konstitusional yang akan dijalankan.

Komite ini akan mulai dilakukan secepatnya setelah resmi terbentuk. Namun, Sulaeman tidak menyebutkan siapa saja yang akan menjabat di kedua komite tersebut. Keputusan yang diambil Mubarak selasa ini merupakan langkah konkret pertama pada reformasi pemerintahan. Mubarak juga memerintahkan kepada tim penyidik terkait bentrokan minggu lalu antara pendukung dan penentang Mubarak.

“Pemuda Mesir layak mendapatkan apresiasi pemerintah. Mereka tidak boleh ditahan, dipermalukan atau disangkal kebebasan mereka dalam berekspresi,” ujar Suleiman mengutip Mubarak.

Comments are closed.