Aplikasi “Kompas.com” Teratas di App Store Indonesia

Author - June 22, 2012

Aplikasi “Kompas.com” Teratas di App Store Indonesia, Aplikasi Kompas.com di iPhone yang baru dirilis pada Rabu (20/6/2012) telah menjadi aplikasi nomor 1 di App Store Indonesia untuk kategori “Top Free iPhone News Apps”.

Menurut pantauan KompasTekno, peringkat teratas yang diraih aplikasi iPhone Kompas.com ini tercapai hanya dalam kurun waktu kurang dari 12 jam sejak dirilis. Seperti diberitakan, versi terbaru aplikasi Kompas.com untuk iPhone hadir dengan disain dan fitur baru.

Dengan aplikasi baru ini, pengguna iPhone dan iPod touch dapat membaca berita-berita terkini dari seluruh rubrik dan kanal di Kompas.com dengan nyaman dan cepat.

Tampilan awal dari ‘Kompas.com for iPhone’ adalah berita-berita terkini dari seluruh rubrik dan kanal di Kompas.com, terletak pada tab “Latest News”. Terdapat tab-tab lain di bagian atas yang dapat dipilih, seperti “Breaking News”, “Top Stories”, “Most Popular”, dan “Most Commented”.

Untuk melihat berdasarkan rubrik dan kanal yang terdapat di Kompas.com, Anda memilih menu-menu yang terdapat di bagian bawah tampilan aplikasi. Di sana, terdapat menu “News”, “Tekno”, dan “Health”. Untuk melihat kanal-kanal seperti, Bola, Otomotif, Female, dan lainnya, Anda dapat memilih menu “More”.

Pada versi terbaru ini terdapat fitur ‘Favorites’ berupa tanda bintang yang akan memudahkan pengguna untuk menandai dan menyimpan berita atau artikel pilihannya ke dalam folder ‘Favorites’.

Dengan fitur ini, Anda dapat menandai berita-berita favorit untuk dibaca di lain waktu atau di waktu senggang. Fitur pilih berita favorit ini mirip dengan fungsi bookmark di browser.

Untuk memilih berita yang akan disimpan, Anda tinggal menyentuh icon “bintang” yang terdapat di bagian bawah tiap berita/artikel.

Untuk mengakses berita-berita yang disimpan ini, klik icon “Buku” yang terletak di sebelah kanan atas.

Foto pada berita bisa diperbesar dengan menyentuh thumbnail foto. Pembaca juga dapat berpindah dari satu berita ke berita lain dengan cepat melalui navigasi ‘Previous’ dan ‘Next’. Pembaca juga dapat mengatur besar teks hingga maksimal 5 kali pembesaran.

Fitur Share memungkinkan pembaca untuk membagi berita ke Twitter, Facebook, Email dan Text Message. Share via Text Message atau SMS ini merupakan tambahan terbaru sehingga pembaca juga bisa mengirimkan berita melalui SMS.

Tambahan penting di versi terbaru ini adalah fitur ‘Offline Browsing’, sebuah fitur yang memungkinkan pengguna untuk membaca berita-berita secara offline, tanpa perlu akses internet.

Pengguna dapat menentukan sendiri rubrik yang diinginkan untuk di-download. Pengguna juga bisa memilih untuk mengaktifkan fitur Offline Browsing hanya pada saat menggunakan Wi-Fi saja.

Feature ini akan sangat berguna bila Anda menggunakan paket internet yang terbatas atau bila hendak membaca beritanya di pesawat/lokasi yang tak ada akses internet.

Feature ini dapat diakses dari icon “i” di sebelah kiri atas tampilan aplikasi Kompas.com. Setelah masuk, pilih menu “Offline Browsing”. Dari sana, Anda dapat memilih kategori berita apa saja yang ingin Anda baca secara “offline”.

Setelah memilih kategori berita, tinggal klik “Start” untuk memulai proses download berita. Bila proses download selesai, selanjutnya Anda dapat membaca berita-berita tersebut tanpa perlu bergantung ke akses internet.

Aplikasi "Kompas.com" Teratas di App Store Indonesia

Comments are closed.