AS Beri Sanksi 10 Firma

Author - December 1, 2010

AS Beri Sanksi 10 FirmaBerita Terbaru, Pada hari selasa kemarin (30/11/2010), Departemen Keuangan Amerika Serikat telah mengumumkan sanksi tehadap 10 perusahaan yang berkaitan dengan program senjata iran. Perusahaan yang akan diberi sanksi tersebut antara lain sejumlah delapan perusahaan di Isle of Man, satu di Swiss, dan satu di Malaysia. Perusahaan-perusahaan tersebuit diduga kuat telah bekerjasama dengan Islamic Republic of Iran Shipping Lines dan Bank Meliat yang telah ditargetkan karena peran mereka dalam membantu menciptakan program senjata pemusnah massal Iran.

Kepala Sanksi dari Amerika Serikat, Stuart Levy menjelaskan bahwa sepanjang Iran menggunakan perusahaan-perusahaan kedok, pengguntingan dan bentuk kecurangan lainnya untuk menyembunyikan aktivitas mereka yang seharusnya tidak diperbolehkan. Maka dari itu, AS ingin membongkar kecurangan tersebut dan dengan demikian meniadakan upaya Iran untuk menghindari sanksi AS dan Internasional.

Isle of Man adalah sebuah pulau yang terletak di antara Inggris dan Irlandia dan kebanyakan perusahaan yang telah bekerjasama itu datang dari perusahaan perkapalam yang akan dikatakan akan menjadi Front bagi Shipping Lines Iran. Diperkirakan hampir 80 perusahaan yang telah diberi sanksi karena dianggap telah berkaitan dengan Shipping Line Iran yang dituduh telah membawa barang militer yang dilarang.

Sebuah bank yang bernama Bank Meliat pun akan dikenakan sanksi karena telah membantu untuk membiayai program nuklir Iran. Lima orang juga diberi sanksi.

Comments are closed.