Aturan “Rookie” MotoGP Dihapus, Marquez Beruntung

Author - June 20, 2012

Aturan “Rookie” MotoGP Dihapus, Marquez Beruntung, Peluang Marc Marquez untuk bergabung dengan tim pabrik Honda pada MotoGP 2013 terbuka sangat lebar. Pasalnya, Dorna sudah memberikan sinyal akan menghapus aturan rookie MotoGP, yang diberlakukan sejak 2010.

“Aturan itu, yang kami bikin untuk membantu tim-tim yang lebih kecil, tak punya alasan lagi untuk ada,” ujar CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta, kepada televisi Spanyol. Hanya saja, keputusan resmi tidak akan diambil sampai dengan balapan di Assen, Belanda, pada 30 Juni mendatang, ketika Komisi Grand Prix diharapkan mencabut aturan tersebut.

Pebalap pertama yang menjadi korban aturan rookie ini adalah Ben Spies, ketika masuk MotoGP pada 2010. Waktu itu, juara dunia World Superbike tersebut harus lebih dulu memperkuat tim satelit Yamaha Tech 3, sebelum bergabung dengan tim pabrik Yamaha pada musim 2011.

Alvaro Bautista pun sebenarnya mengalami hal serupa. Akan tetapi, pebalap Spanyol ini bisa langsung bergabung dengan tim pabrik Suzuki demi tujuan mempertahankan tim Jepang tersebut untuk tetap tampil di MotoGP, di samping karena Suzuki tak memiliki tim satelit – Suzuki akhirnya mundur dari MotoGP, sehingga Bautista bergabung dengan Gresini Honda pada musim 2012.

Namun, setelah Casey Stoner memutuskan untuk pensiun pada akhir musim 2012, Honda mulai menggugat aturan rookie tersebut. Mereka berharap aturan tersebut diubah sehingga pebalap potensial seperti Marquez bisa langsung bergabung. Pasalnya, pebalap Spanyol yang sedang berkompetisi di Moto2 itu diincar untuk menjadi suksesor Stoner pada musim 2013.

Aturan "Rookie" MotoGP Dihapus, Marquez Beruntung

Comments are closed.