Ayman al-Zawahiri, Pemimpin Baru Al Qaeda

Author - June 17, 2011

Ayman al-Zawahiri, Pemimpin Baru Al QaedaBerita Terbaru, Melihat perkembangan Al Qaeda baru-baru ini di situs resmi mereka, telah muncul nama baru yang menempati posisi puncak tertinggi Al Qaeda. Dia adalah Ayman al-Zawahiri. Dari sumber yang beredar mengatakan bahwa Ayman memiliki peran yang sangat penting dalam kepemimpinan Al Qaeda. Tentu saja, karena dalam organisasi tersebut, Ayman memegang jabatan sebagai deputi atau wakil Osama bin Laden. Maka dari itu, Ayman menjadi orang kepercayaan Osama. Melihat posisi Osama bin Laden belum tergantikan, wajar saja jika Ayman dipercaya dapat menggantikan Osama. “Kami mengumumnkan Sheikh Dr Abu Muhammad Ayman al-Zawahiri menjadi penanggung jawab komando Al Qaeda,” begitulah bunyi pertanyaan komando umum Al Qaeda dalam laman jihad tersebut.

Ayman adalah seorang tabib yang berasal dari Kairo, Mesir. Ia pun menjadi salah satu pendiri organisasi Jihad Islam Mesir (EIJ). Organisasi tersebut tergolong militan dan beroposisi terhadap pemerintahan sekular Mesir di bawah pimpinan Hosni Mubarak. Seperti halnya mendiang Osama, Ayman juga ikut serta dalam perang melawan Uni Soviet di Afganistan. Kehadirannya di Negeri Para Muliah itu sebagai ahli kesehatan.

Pada 1998, saat EIJ merger dengan Al Qaeda, Al-Zawahiri mengirim faksimile peringatan untuk warga AS ke koran Al-Hayat. Tiga hari kemudian, pada 7 Agustus 1998, bom bunuh diri yang ditempatkan di sebuah truk menghantam Kedutaan Besar AS di Nairobi (Kenya) dan Der es Salaam (Tanzania). Insiden itu menewaskan 224 orang. Geram lantaran tindakannya, AS pun memburu Al-Zawahiri. Melalui FBI, banderol kepala Al-Zawahiri harganya 25 juta dollar AS. Harga yang sama untuk perburuan Osama bin Laden.

Comments are closed.