Bandung Akan Dibangun Monorel 30 Km

Author - August 5, 2011

Bandung Akan Dibangun Monorel 30 KmBerita Terbaru, Sebagai kota wisata yang kini semakin berkembang dengan pesat, semakin banyak pula para investor yang ingin mengembangkan bisnisnya di Bandung. Salah satunya adalah perencanaan dibangunnya kereta monorel yang datang dari mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Jika rencana tersebut berhasil direalisasikan, maka Bandung akan menjadi kota kedua setelah Makassar yang dibangun jalur kereta monorel. Rencana tersebut diungkapkannya dalam pembicaraan tertutup bersama Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Jumat 5 Agustus 2011.

“Bandung kan makin maju, daerah turis. Sekarang kemacetan di Bandung sama dengan Jakarta. Jadi nggak ada cara lain,” ujar Kalla yang juga pengusaha asal Sulawesi Selatan ini. Rencananya, jalur monorel ini akan dibangun sepanjang 30 km mekewati rute dalam kota luar kota Bandung. Dalam pembangunannya, Kalla akan menggunakan teknis yang sama seperti di Makassar. Menurut Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, rute tersebut akan beroperasi melintasi kota Bandung, Kabupaten Bandung dan Kota Cimahi.

Karena proyek ini rencananya akan banyak menggunakan teknisi lokal, maka tarif yang diberlakukan akan lebih murah dibandingkan jika menggunakan teknisi asing. “Kami masih membahas di permasalahan tarif. Namun karena menggunakan tenaga lokal maka tarifnya bisa setengah, bahkan sepertiga jika menggunakan engineering asing,” kata Gubernur yang juga politisi PKS ini.

Comments are closed.