Bromo Semburkan Vulkanik Bom

Author - December 27, 2010

Bromo Semburkan Vulkanik BomBerita Terbaru, Aktivitas gunung Bromo semakin meningkat dan membesar setiap harinya. Letusan hampir terjadi setiap hari, bahkan letusan tersebut kini sudah bukan freaktif melainkan freato magnetik yaitu letusan yang mengeluarkan vulkanik bom seperti bebatuan yang terbentuk dari lava pijar yang terlontar dari kawah dan membeku. Menurut Kepala Bidang Pengamatan Gunung Api Indonesia, Agus Budiyanto mengatakan jika saat ini kondisi Bromo semakin memburuk. Tidak hanya mengeluarkan abu, kerikil dan lapili, tetapi pecahan bebatuan yang disebut dengan vulkanik bom. Hal tersebut diperkirakan akan mengeluarkan letusan besar yang kemungkinannya bisa melebihi dari letusan Gunung Merapi pada bulan Oktober kemarin di Yogyakarta.

Vulkanik bom dapat terjadi karena lava pijar yang merupakan bagian dari magma, sudah berada di bibir kawah. Sehingga terjadi dorongan dengan energi yang sangat besar yang membuat lava tersebut terlontar ke udara dengan membentuk bulatan dan membeku seperti bom. Budi mengatakan jika diamati secara visual, diperkirakan Vulkanik Bom tersebut terlontar tak jauh dari sekitar kawah bromo.

Meski Bromo menyemburkan Vulkanik bom, namun status pada Gunung Bromo tetap dinyatakan Siaga dan belum dinaikkan menjadi awas. Hal tersebut dinilai dari resiko bahaya yang akan terjadi hanya di lautan pasir yang berjarak 2 kilometer dari kawah. Meski begitu, bahaya ringan tetap mengincar para warga yang tinggal di sekitar Bromo. Bahaya tersebut seperti hujan pasir dan abu yang tidak akan terlalu membahayakan bagi warga setempat dan juga bahaya tersebut masih dapat dihindari terutama pada kesehatan khususnya balita dan orang tua.

Akibat aktivitas bromo ini, ratusan hektar lahan pertanian rusak akibat hujan pasir dan abu yang menyelimuti. Sementara itu, terlihat sejumlah warga sedang membersihkan atap rumahnya yang diselimuti oleh abu Bromo yang cukup tebal.

Comments are closed.