Bursa dan Bank di Mesir Tutup Hari Ini

Author - January 31, 2011

Bursa dan Bank di Mesir Tutup Hari IniBerita Terbaru, Menyusul aksi bentrok antara demonstran dengan polisi di pusat Kairo yang memanas pada kemarin (30/1/2011), berdampak pada kegiatan bisnis dan perekonomian disana. Bursa-bursa dan bank yang berada di Mesir mulai ditutup pada hari ini. Hal tersebut dilakukan setelah mengalami penurunan drastis dalam 2 hari perdagangan terakhir. Indeks acuan negara-negara di Afrika Utara itu tumbang sebesar 16%. Selain itu, harga obligasi Mesir pun ikut menurun dan mendorong kenaikan imbal hasil.

Fitch Ratings menyatakan kondisi tersebut kemungkinan besar akan memotong peringkat kredit negara itu, padahal bursa tersebut merupakan pasar terbesar kedua di Afrika Utara setelah Maroko. Seluruh bank dan gedung pemerintah selama ditutup akan dijaga ketat oleh pasukan tentara yang didukung dengan senjata dan tank. Menurut salah satu Stasiun Televisi di Mesir, Al Arabiya melaporkan bahwa sebanyak 100 orang lebih telah tewas di Mesir dalam beberapa hari terakhir.

Dari sejak pekan lalu, aksi unjuk rasa di Mesir masih terus berlanjut hingga kini. Presiden Mesir Hosni Mubarak bertemu dengan petinggi militer kemarin, menyusul protes puluhan ribu demonstran terhadap penunjukkan perdana menteri dan wakil presiden baru per 29 Januari 2011.

Comments are closed.