CEO Bhinneka.com: Jualan Online Harus Sabar

Author - July 13, 2012

CEO Bhinneka.com: Jualan Online Harus Sabar, Jakarta, Para pengusaha yang hendak menjual produknya secara online (e-commerce), nampaknya perlu bersabar menanti kesiapan masyarakat Indonesia untuk belanja online. Sebagian besar masyarakat cenderung suka untuk menjajal langsung dan membayar tunai produk yang ingin dibelinya.

Pendiri sekaligus CEO situs e-commerce produk elektronik Bhinneka.com, Hendrik Tio, mengatakan, jualan online di Indonesia memang harus sabar. Bhinneka sendiri membuka toko di beberapa pusat perbelanjaan di Jakarta, mereka belum sepenuhnya mengandalkan jualan online.

Setiap harinya, ada sekitar 600 kali transaksi di Bhinneka. Hendrik mengaku, 50% dari total transaksi itu masih dilakukan secara offline.

“Jumlah ini sudah berkembang jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. 2 tahun terakhir transaksi online semakin meningkat,” kata Hendrik saat ditemui KompasTekno di kantornya, Kamis (12/7/2012).

Menurutnya, masyarakat Indonesia belum percaya sepenuhnya pada metode pembayaran dengan kartu kredit. Sepanjang 2011, transaksi menggunakan kartu kredit di Bhinneka hanya ada 20%. Transaksi paling banyak masih dilakukan dengan metode bayar tunai, debit, transfer bank dan internet banking.

Meski demikian, Hendrik optimis dengan kemajuan industri e-commerce di Indonesia. “Saya memprediksi 2 atau 3 tahun lagi akan booming, masyarakat Indonesia akan siap dengan e-commerce,” harap Hendrik.

Kesuksesan Bhinneka sebagai situs web acuan harga produk elektronik, tak lepas dari faktor pengalaman 13 tahun, di mana Bhinneka lebih dulu hadir ketika situs web kompetitor belum ada.

“Ini tak lepas dari komitmen kami dalam bisnis e-commerce. Kami terus membangun kepercayaan, melengkapi koleksi produk, berinovasi, dan memperbarui konten,” jelas Hendrik.

Ia berpendapat, unsur kepercayaan jadi unsur penting dalam bisnis e-commerce. Kepercayaan yang dimaksud Hendrik bisa berupa keramahan dan kecepatan pelayanan, serta jaminan.

Setelah kepercayaan terbangun, Bhinneka berinovasi dengan menambah fitur unik agar hubungan dengan pelanggan makin interaktif. Bhinneka menambah fitur Tawar Online, sebagai media tawar-menawar secara online, dan Harga Rebutan sebagai media di mana pelanggan bisa mendapatkan harga terbaik.

Kunjungan ke Bhinneka.com merupakan bagian dari tur ShopFair yang diselenggarakan bagi peserta internasional ShopFair 2012, Kamis (12/7/2012). ShopFair 2012 digelar pada 13-14 Juli 2012.

CEO Bhinneka.com: Jualan Online Harus Sabar

Comments are closed.