Citra PKS Dinilai Akan Aman Jika Merapat ke Jokowi

Author - July 15, 2012

Citra PKS Dinilai Akan Aman Jika Merapat ke Jokowi, Pasangan cagub DKI yang diusung PKS, Hidayat-Didik, menempati urutan ketiga berdasarkan hasil hitung cepat (quick count). Tak ayal hal tersebut membuat dukungan dari pasangan itu diperebutkan dua pasangan yang kemungkinan akan melaju ke putaran kedua.

Jika merujuk pada hasil quick count Pilgub DKI 2012, maka pasangan Jokowi-Ahok menempati urutan pertama (sekitar 43% suara) diikuti oleh pasangan Foke-Nara (34%). Sedangkan di urutan tiga, ditempati oleh pasangan Hidayat-Didik (11%). Sementara urutan empat hingga enam diisi berturut-turut oleh pasangan Faisal-Biem, Alex-Nono, dan Hendardji-Patria.

Menilik hasil tersebut, tentu dukungan dari Hidayat-Didik akan diperebutkan oleh dua pasangan yang akan bertarung di putaran dua, Jokowi-Ahok dan Foke-Nara. Maka keputusan PKS sebagai partai pengusung Hidayat-Didik akan menentukan kemana dukungan diberikan.

“Kalau saya lihat lebih ke partai yang akan menentukan,” kata Direktur Eksekutif Indobarometer, M Qodari, saat berbincang dengan detikcom, Sabtu (14/7/2012) malam.

Menurut Qodari, PKS memiliki suara sekitar 19 persen di DKI Jakarta. Menurutnya, suara dari sebagian besar massa grass root PKS memiliki kecenderungan untuk merapat ke Foke-Nara. “Karena ada kesamaan ideologi,” ujarnya.

Namun, melihat hubungan baik Jokowi dan Hidayat, ada kemungkinan elite PKS akan lebih cenderung memilih Jokowi. Lagipula, Qodari menambahkan, dari segi citra, PKS lebih baik merapat ke Jokowi.

Kalau dari segi citra mereka akan memilih Jokowi.

Qodari menjelaskan selama ini kampanye beberapa cagub lain, termasuk Hidayat-Didik, kerap menyerang calon incumbent. Menurut Qodari dari segi citra tidak baik jika tiba-tiba mendukung pihak yang selama ini diserang.

Citra PKS Dinilai Akan Aman Jika Merapat ke Jokowi

Comments are closed.