Djoko Susilo Ungkap Tujuan Favorit Studi Banding DPR

Author - April 19, 2011

Djoko Susilo Ungkap Tujuan Favorit Studi Banding DPR – Studi banding selalu menjadi agenda tahunan bagi anggota DPR.Akan tetapi,yang menjadi Pertanyaan besarnya,apasih kegiatan yang dilakukan anggota dewan saat studi banding?.Inilah yang dijawab Duta Besar Indonesia Untuk Swiss Djoko Susilo hari ini Senin 19/4/2011.

Dilansir dari detik hari ini,Djoko Susilo menjelaskan bahwa belanja,wisata dan umroh menjadi tujuan utama bagi para anggota DPR saat melaksanakan kegiatan studi banding di sejumlah negara.

Tidak itu saja,saat melaksanakan kegiatan studi banding,sejumlah anggota DPR mempunyai negara –negara favorit yang wajib dikunjungi.Ini dijelaskan langsung oleh Djoko Susilo kepada wartawan Detik.Yang pertama ia menjelaskan yang menjadi tujuan anggota DPR saat melaksanakan studi banding adalah Amerika Utara,yang meliputi Amerika Serikat (AS), Kanada dan wilayah lainnya.

Untuk negara kedua yang jadi favorit adalah kawasan Eropa Barat yang mencakup Swiss, Belanda, Inggris, Prancis, dan jerman.Dan negara terakhir yang menjadi tujuan anggota DPR adalah wilayah Asia Pasifik seperti Australia, Jepang, Korea dan China. Sebagian ada juga yang ke Timur Tengah, seperti Arab Saudi dan Mesir.

Mengapa para wakil rakyat tersebut menjadikan negara-negara tersebut menjadi negara favorit.Djoko Susilo menjelaskan bahwa semua itu ada ciri khasnya. Biasanya negara yang dipilih adalah negara mapan atau maju, dimana kemudian kepergian ini bisa jadi ada kegiatan sampingan seperti belanja atau berwisata tutur Susilo.

Menyangkut masalah anggaran studi banding,Djoko Susilo menilai anggaran untuk studi banding meningkat sejak tahun 2009. Karena itu, kunjungan pun semakin ramai, meski tanpa arah yang jelas.

Dengan pengakuan tersebut,mungkin yang terbenak dalam pikiran kita sekarang adalah,mengapa studi banding selalu mengacu kepada negara maju,kenapa tidak kenegara miskin seperti dinegara-negara Afrika atau yang lainnya?Studi banding kan tidak harus kenegara-negara maju!!

Comments are closed.