Dock” Konektor iPhone 5 Dibuat Lebih Kecil

Author - July 24, 2012

Dock” Konektor iPhone 5 Dibuat Lebih Kecil, iPhone 5, smartphone generasi berikutnya dari Apple, akan hadir dengan lubang dock konektor lebih kecil. Dari dock berukuran 30-pin, akan didesain menjadi 19-pin.

Menurut dua sumber terpercaya yang dekat dengan Apple, ini dilakukan “Untuk memberi ruang agar lubang earphone bisa dipindahkan ke bagian bawah,” demikian seperti diberitakan Reuters, Senin (23/7/2012).

Pada iPhone generasi sebelumnya, Apple menempatkan jack audio 3,5mm di bagian atas smartphone. Sementara bagian bawahnya sudah penuh dengan dock, speaker dan mikrofon.

Selama 1 dekade terakhir, Apple menggunakan dock berukuran 30-pin untuk iPod, iPhone dan iPad. Dock menjadi pusat untuk mengisi daya baterai dan sinkronisasi ke komputer serta aksesoris lain.

“Ini merupakan kesempatan bagi produsen aksesoris,” kata analis Pete Cunningham dari perusahaan riset teknologi Canalys. “Konektor iPhone telah menjadi standar dalam waktu lama. Dan sekarang saya berharap hal yang sama akan terjadi untuk konektor baru, Apple harus mengubahnya seperti yang diharapkan.”

Apple belum memberi pernyataan resmi soal isu ini. Logitech, perusahaan asal Swiss yang membuat speaker untuk produk Apple, juga menolak memberi komentar.

Seorang karyawan perusahaan di Hong Kong yang khusus memproduksi speaker untuk produk Apple, mengatakan, penjualan speaker dengan dock 30-pin telah menurun dalam satu atau dua tahun ini. “Mereka fokus membuat speaker bluetooth, dan keputusan ini terbukti tepat,” ucap karyawan yang tak mau disebut namanya.

Ia juga memprediksi, penjualan speaker iPod akan turun, sementara penjualan speaker bluetooth akan naik.

Analis IDC Franciso Jeronimo berpendapat, Apple harus menemukan solusi untuk masalah perbedaan dock di iPhone baru dan perangkat mobile Apple generasi lawas. “Apple perlu mencari solusi agar tidak mengecewakan pelanggan yang ingin iPhone baru, tapi mereka telah memiliki aksesoris yang harganya cukup mahal,” tegas Jeronimo.

“Saya percaya Apple akan memberi solusi semacam adaptor, sehingga iPhone baru dapat digunakan dengan konektor lama.”

Sebagian pihak berpikir bahwa perubahan ukuran dock konektor akan merugikan pengguna perangkat mobile Apple, yang telah membayar mahal bermacam aksesoris. Namun, Apple dikenal punya konsumen yang setia.

“Saya tidak berpikir hal ini akan membuat konsumen Apple berhenti membeli gadget baru,” tukas CK Lu, analis Gartner asal Taipei. Menurutnya, ada banyak produsen aksesori yang tertarik membuat aksesori untuk Apple, karena pengguna Apple lebih terbuka dan bersedia membeli aksesori.

Dock" Konektor iPhone 5 Dibuat Lebih Kecil

Comments are closed.