DPR Hentikan Studi Banding Keluar Negeri

Author - June 7, 2011

DPR Hentikan Studi Banding Keluar Negeri – Pimpinan DPR akhirnya sepakat menghentikan kegiatan studi banding para anggota dewan ke luar negeri. Kabar ini diketahui setelah surat moratorium dikeluarkan dan sudah ditandatangani 30 Mei 2011 lalu.

Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso menuturkan bahwa surat moratorium ini sudah disampaikan ke pimpinan fraksi, komisi, serta alat kelengkapan dewan. Namun ketentuan itu punya pengecualian jelasnya. Pengecualian itu untuk Badan Kerjasama Antar Parlemen, undangan muhibah, serta Komisi I DPR dalam rangka ke kedutaan besar Indonesia di luar negeri.

“Kami kan tetap harus menjalin hubungan baik dengan negara lain dalam panggung internasional,” kata Priyo di Gedung DPR, Selasa 7/6/2011.

Seperti diketahui, kunjungan luar negeri para legislator kerap menuai kontroversi karena dinilai hanya jadi ajang pelesir. Terakhir, kunjungan yang menuai kritik adalah kunjungan Komisi X DPR ke Spanyol.

Wakil Ketua Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat, Rully Chairul Azwar menjelaskan, Komisi X melakukan kunjungan kerja ke Spanyol 24 – 30 April silam, untuk mempelajari keberhasilan Spanyol dalam memadukan prestasi olahraga dengan pariwisata. Pengelolaan kompetisi dan klub olahraga oleh swasta dinilai sukses menghasilkan prestasi luar biasa bagi Spanyol.

Comments are closed.