Dukung Hitler, Von Trier Didepak Dari Cannes

Dukung Hitler, Von Trier Didepak Dari CannesBerita Terbaru, Gara-gara melontarakan pernyataan–setengah bercanda–yang menyebut bahwa dirinya sebagai pengagum dan bersimpati terhadap Nazi dan Adolf Hitler, sutradara kenamaan asal Denmark, Lars Von Trier, terpaksa hengkang dari ajang penghargaan tertinggi sinema sekelas Oscar, Festival Film Cannes, tahun ini.

Dewan direksi dengan tegas mengutuk pernyataan-peryataan Von Trier tersebut dan menyatakan Lars Von Trier dengan status persona non grata dalam Festival Film Cannes, yang akan berlaku efektif segera

Tak hanya itu saja, Von Trier juga mengatakan bahwa Israel sebagai sebuah “pain in the ass”.

Pernyataan itu tentu saja membuat kuping penyelenggara festival memerah dan pihak-pihak tertentu merasa tersinggung. Karena merasa terganggu dengan ucapannya tersebut, dewan direksi festival pun turun tangan dan meminta Von Trier menjelaskan maksud dari pernyataan tersebut.

Tidak hanya itu, mereka juga mengutuk ucapan yang terlontar dari mulut Von Trier. “Dewan direksi dengan tegas mengutuk pernyataan-peryataan (Von Trier) tersebut dan menyatakan Lars Von Trier dengan status persona non grata dalam Festival Film Cannes, yang akan berlaku efektif segera,” demikian pernyataan yang dikeluarkan pihak penyelenggara festival, Kamis (19/5/2011), seperti dikutip Reuters.

Persona non grata merupakan sebuah istilah diplomasi yang berarti seseorang yang tidak diinginkan, tidak diterima, dan dikembalikan ke negara asal. “Festival mendukung artis dari seluruh dunia dengan sebuah forum luar biasa untuk mempresentasikan karya-karya mereka dan mempertahankan kebebasan berkreasi dan berkreasi,” tambah pernyataan penyelenggara tersebut, yang dikutip AP.

Sehubungan hal tersebut, dewan direksi penyelenggara menyesalkan tindakan Von Trier dalam forum yang telah membuat pernyataan yang tidak dapat diterima, tidak dapat ditoleransi, dan bertentangan dengan aspek-aspek ideal dari kemanusiaan dan kedermawanan yang menjadi sumber utama keberadaan festival tersebut.

Presiden Festival Cannes Gilles Jacob mengatakan Von Trier telah dikeluarkan dari ajang tahun ini. Keputusan ini diambil sebagai bentuk tindakan tegas terhadap penodaan reputasi festival oleh Von Trier.

Meski demikian, Jacob tidak membeberkan secara lebih lanjut apakah Von Trier masih diperbolehkan lagi untuk ikut serta di ajang serupa pada di masa mendatang.

Sementara itu, Direktur Umum Festival Thierry Fremaux menyebukan bahwa Von Trier telah menerima keputusan tersebut. “Dirinya (Von Trier) bingung dengan permasalahan ini. Meski begitu ia menyadar bahwa festival harus mengambil posisi tegas terkait dengan komennya itu,” ucap Fremaux.

Menanggapi reaksi dari pihak penyelenggara, Von Trier langsung menyatakan permohonan maafnya. Ia mengutarakan apa yang disampaikannya itu adalah sebuah lelucon biasa.

Comments are closed.