Earth Hour, 1 Jam Jakarta Gelap

Author - March 27, 2011

Earth Hour, 1 Jam Jakarta GelapBerita Terbaru, Malam kemarin, Ibukota Indonesia, Jakarta baru saja telah menggelar aksi Earth Hour yang sebelumnya juga sudah dilakukan di 132 negara lainnya. Acara tersebut digelar dalam rangka menyelamatkan bumi untuk generasi masa depan kita setelah kondisi dunia yang semakin terpuruk. Dengan diadakannya acara Earth Hour, Jakarta telah menghemat listrik sebanyak 300.000 watt. Aksi pemadaman selama satu jam di sebagian wilayah Jakarta itu, dimulai pada pukul 20.30 WIB dan dipusatkan di Monumen Nasional.

“Bila 10% warga Jakarta mematikan dua lampu akan menghemat 300.000 watt,” ujar Menteri Lingkungan Hidup Gusti Muhammad Hatta, di Jakarta, Sabtu (26/3/2011). Gusti menambahkan, bahwa kegiatan ini membuktikan bahwa efisiensi tenaga listrik itu murah biayanya, dan tidaklah sulit dilakukan masyarakat. Kegiatan di Jakarta dipusatkan di Balai Kota, dan ditandai dengan pemadaman lampu di Monumen Nasional pada Sabtu pukul 20.30 WIB.

“Untuk memicu gaya hidup hemat energi, pemerintah provinsi akan melakukan pemadaman berkala selama 60 menit pada ikon Jakarta. Seperti misal hari lingkungan hidup,” kata Gubernur Fauzi Bowo pada kegiatan earth hour di Jakarta, Sabtu (26/3/201) malam. Pria yang akrab disapa Foke ini mengatakan konsumsi listrik di Jakarta selama 15 tahun berkembang pesat, rata-rata tumbuh 7% per tahun.

“70% konsumsi listrik nasional ada di Jakarta dan kota-kota besar, kalo tidak hemat maka berakibat dampak lingkungan yang tidak baik,” katanya. Acara earth hour tersebut dimulai setelah Foke dan Gusti Muhammad Hatta secara seremonial memencet tombol tanda dimulai. Setelah itu monas pun mati lampu kecuali puncak monas, menyusul kemudian ikon-ikon Jakarta.

Comments are closed.