Web Hosting Indonesia
Fenomena Halo Matahari di Yogyakarta

Fenomena Halo Matahari di Yogyakarta

Fenomena Halo Matahari di YogyakartaBerita Terbaru, Siang tadi telah terjadi fenomena menarik di langit sekitar Yogyakarta, Indonesia. Kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 11.15 WIB. Matahari bersinar dengan panasnya dan terlihat seperti dikelilingi oleh cincin pelangi. Fenomena tersebut sering disebut dengan Halo Matahari. Kejadian tersebut menarik para perhatian warga untuk melihat penampakan matahari yang tak biasa. Mereka melihatnya tidak dengan mata telanjang, namun menggunakan sebuah alat yang mampu meredam panasnya matahari ke mata seperti kacamata. Menurut salah seorang warga Pathul, Gunung Kidul, Yogyakarta bernama Jatmiko, mengaku melihat penampakan halo matahari selama 15 menit.

Dengan adanya fenomena tersebut, para warga tidak merasa resah karena mereka yakin fenomena tersebut bukan sebuah pertanda bencana. Jatmiko mengungkapkan bahwa yang ia tahu saat terjadi bencana gempa besar di Yogyakarta pada tahun 2006 lalu, pertanda bencana bukanlah penampakan halo matahari melainkan awan cirrus, awan yang berbentuk vertikal. Justru dengan penampakan seperti ini, para warga percaya bahwa itu adalah sebuah pertanda baik.

Halo matahari terjadi karena pembiasan kristal es yang berada di sekitar matahari yang membentuk seperti pelangi. Lamanya penampakan biasanya terjadi selama 30 menit, namun bisa saja kurang atau lebih karena tergantung dari kecepatan angin. Ketika cepat, fenomena tersebut akan cepat selesai dan jika angin sedang stabil, fenomena tersebut dapat berlangsung lama. Tidak semua orang dapat melihat fenomena tersebut, dan kali ini hanya dapat terlihat di daerah yogyakarta saja.

Kejadian seperti ini biasanya selalu dikaitkan oleh para warga dengan bencana. Jika menurut warga Yogyakarta adalah pertanda baik, namun bagi warga Padang, fenomena Halo Matahari adalah sebuah pertanda bencana mengingat bencana gempa besar yang terjadi di Padang pada tanggal 30 September 2009 berawal dari sebuah penampakan Halo Matahari. Saat dikonfirmasi mengenai kebenaran tersebut, staf observasi badan meteorologi klimatologi dan geofisika yogyakarta, Heru Gunawan, mengatakan bahwa kedua fenomena tersebut tidak ada kaitannya dengan bencana dan fenomena tersebut merupakan fenomena alam biasa.

Comments Closed


Tag : Fenomena Halo Matahari di Yogyakarta