Film Baru ‘Sang Pencerah’

Film Baru ‘Sang Pencerah’

Film Baru ‘Sang Pencerah’. Berita terbaru, Film layar lebar ke-13 karya sutradara Hanung Bramantyo ‘Sang Pencerah’ rencananya akan resmi dirilis di tanah air dan internasional menjelang lebaran tahun ini, atau tepatnya pada 9 September 2010 mendatang.
Film Baru 'Sang Pencerah'
Hal tersebut dinyatakan oleh Hanung Bramantyo dalam Bedah Buku dan Film ‘Sang Pencerah’ karya Akmal Nasery Basral dan Karya Hanung Bramantyo di Djendelo Cafe, Toko Buku Togamas Gejayan Yogyakarta, Sabtu (3/7).

“35 hari sudah kita lalui yaitu memproduksi film sejak 2 Juli lalu. Saat ini fase pascaproduksi harus kami lewati,” paparnya.

Pada kesempatan tersebut, Hanung menyatakan bahwa film yang telah diimpikannya sejak SMA tersebut pada dasarnya hanya berisikan sebuah tantangan bagi generasi muda sekaran ini.

“Pada usia 21 tahun, KH Ahmad Dahlan telah mampu melakukan sebuah pekerjaan sederhana namun sangat berharga, yakni meluruskan arah kiblat di kampungnya,” tuturnya.

Dengan contoh perbuatan kecil yang agung tersebut, Hanung mencoba mempertanyakan, khususnya bagi mereka yang telah berusia 21 tahun, apa yang telah diperbuat oleh mereka bagi tanah airnya saat ini.

‘Meski mungkin saat itu masalah kiblat adalah masalah yang regional atau kecil, tapi sebenarnya hal tersebut sangat berpengaruh tak hanya di tanah air, tapi juga di dunia internasional,” tambahnya.

Sementara mengenai judul film ‘Sang Pencerah’, Hanung mengaku bahwa judul tersebut tercetus langsung dari lambang Muhammadiyah yakni matahari sebagai pencerah.

Menurutnya lambang tersebut tak ubahnya seperti peran KH Ahmad Dahlan yang menjadi pendiri Muhammadiyah sekaligus sebagai pendobrak pada jamannya. “Yang pasti KH Ahmad Dahlan adalah pencerah bagi umat Muhammadiyah,” tukasnya.

Di kesempatan yang sama, Lukman Sardi yang memerankan tokoh KH Ahmad Dahlan juga menyatakan bahwa film ‘Sang Pencerah’ menantang generasi muda untuk melakukan sesuatu yang besar bagi kaumnya.

“Film ‘Sang Pencerah’ bisa menjadi ajang introspeksi bagi generasi muda yang berusia 21 tahun, apa yang sekiranya telah mereka lakukan khususnya bagi kaumnya dan bangsanya,” jelasnya.

Tentang perannya di film tersebut, tokoh watak tersebut menyatakan untuk memerankan seorang tokoh seperti KH Ahmad Dahlan memang cukup berbeda, khususnya dalam hal mempelajari karakter sejati tokoh cendekiawan muslim tersebut.

“Meski secara teknis tak ada perbedaan yang menonjol, tapi saya harus banyak belajar tentang karakter KH Ahmad Dahlan dalam kesehariannya melalui berbagai sumber,” tuturya yang banyak mendapat pengetahuan dari buku karya murid KH Ahmad Dahlan yaitu H Sujak.

Rencananya, thriller film ‘Sang Pencerah’ berdurasi empat menit akan diputar pada pembukaan Muktamar Muhammadiyah malam ini (3/7) mulai pukul 20.15 WIB nanti di Stadion Mandala Krida Yogyakarta.

Comments Closed


Tag : Film Baru 'Sang Pencerah'