Final Piala Indonesia 2010

Author - July 31, 2010

Final Piala Indonesia 2010. Berita terbaru, Dodit Fitrio menjadi pahlawan Persik Kediri pada pertandingan perebutan peringkat ketiga  Piala Indonesia 2010 di Stadion Manahan Solo, Sabtu (31/7) sore. Gol cepat yang dibuatnya ke gawang Persipura Jayapura saat pertandingan baru berjalan sekitar lima menit, memastikan tim berjuluk Macan Putih ini menang tipis.
Final Piala Indonesia 2010
Peringkat ketiga tersebut merupakan  gelar hiburan bagi Persik. Tim ini terpuruk di Liga Super Indonesia  2009/10 karena harus berjuang untuk bisa lolos dari ancaman degradasi melalui duel ulang melawan Persebaya, pada 5 Agustus nanti.

Sementara bagi Persipura Jayapura ini merupakan penurunan karena dalam dua turnamen Piala Indonesia terakhir, yakni musim 2007/08 dan 2008/09, tampil di final dan kalah atas Sriwijaya FC. Tim asuhan Jacksen F. Tiago ini juga gagal ke final karena kalah atas Sriwijaya FC pada pertandingan semifinal di Stadion Delta Sidoarjo, beberapa hari lalu.

Persik yang unggul 1-0 dari gol Dodit yang memanfaatkan bola rebound tendangan spekulasi Saktiawan Sinaga, mampu mempertahankannya hingga turun minum. Bahkan, skor tersebut bertahan hingga pertandingan berakhir  meski dengan upaya keras. Pasalnya, gempuran pasukan Mutiara Hitam tak henti-hentinya menyulitkan pertahanan Persik.

Persipura yang totalitas menguasai  pertandingan babak kedua,  tetap tak mampu menyamakan kedudukan. Hal itu karena strategi bertahan yang dilakukan Persik. Hampir seluruh pemainnya beroperasi  di barisan belakang, serta mempertahankan  Yongky Ariwibowo seorang diri di lini depan guna melakuan serangan balik.

Strategi tersebut cukup  ampuh.  Persipura kesulitan membongkar pertahanan Persik.
Peluang terbaik Persipura terjadi menit ke-69 lewat  Boaz Solossa yang mampu  menerobos kotak penalti lawan. Namun, peluang tersebut tidak bisa dimaksimalkannya karena bola hanya melintas tinggi di atas mistar gawang Persik yang dikawal Herman Batak.

Menit ke-72, Persik nyaris menggandakan keunggulannya lewat  serangan balik yang dilakuklan Yongky Ariwibowo. Tetapi, bola tendangannya terlalu lemah sehingga mudah dikuasai kiper Jendry C. Pitoy. Persipura terus menekan, tetapi tetap tak mampu  mengimbangi pencapaian yang telah dibuat Persik, 1-0.

Comments are closed.