Foto Terakhir Bumi Tahun 2010

Author - January 2, 2011

Foto Terakhir Bumi Tahun 2010Berita Terbaru, Mengawali datangnya tahun baru 2011, Satelit Geostationary Operational Environmental Satellite (GOES-13) milik Badan Antariksa Ameriksa Serikat (NASA) mengabadikan foto terakhir Amerika Utara dan Selatan di tahun 2010. Satelit canggih itu berhasil menangkap bumi dengan utuh pada hari kamis 30 Desember 2010 lalu. Gambar menakjubkan ini menunjukkan awan menutupi area bertekanan redah di atas Midwestern, AS dan Rocky Mountains, Colorado.

Satelit yang berada di pusat luar angkasa Goddard milik NASA tersebut, kini sedang disibukkan dengan cuaca yang banyak tidak terduga sepanjang tahun 2010 ini. GOES-13 bertugas memonitor bagian selatan AS, Samudera Atlantik, Teluk Meksiko, dan Karibia. Sementara, GOES-11 mengawasi kondisi cuaca di bagian barat AS dan Samudra Pasifik Timur.

Pada 2010, Satelit GOES sibuk menyediakan gambar dan animasi sistem udara, termasuk siklon tropis yang menyebabkan badai salju, banjir, dan angin kencang. Seperti yang dikutip dari vivanews.com, cuaca ekstrim melanda dunia di akhir 2010 ini. Badai salju menghantam Eropa dan Amerika Serikat, bandara lumpuh, akibatnya sejumlah maskapai membatalkan penerbangan. Anomali cuaca terjadi di Australia. Sejumlah wilayah di Australia, seperti di New South Wales dan Victoria, umumnya menikmati musim panas di akhir tahun. Namun, yang terjadi justru hujan salju.

Comments are closed.