Gali Terowongan, 500 Tahanan Taliban Kabur

Author - April 25, 2011

Gali Terowongan, 500 Tahanan Taliban Kabur – Setidaknya hampir 500 tahanan Taliban kabur dari penjara di Kandahar, Afghanistan selatan. Dikabarkan, ratusan tahanan ini kabur melalui terowongan yang dibuat sepanjang ratusan meter.

Hal ini di ungkapkan langsung oleh direktur penjara Ghulam Dastageer Mayar. Ia mengatakan terowongan yang mempunyai panjang ratusan meter tersebut digali dari sebelah selatan penjara menuju kearah penjara, akibatnya 500 tahanan politik kabur semalam seperti diberitakan AFP Senin 25/4/2011.

Atas kaburnya ratusan tahanan ini, Kelompok Taliban menyatakan bahwa pihaknya berada di balik insiden tersebut. Ini dapat dilihat, semua tahanan yang kabur merupakan anggota Taliban. Hal ini sendiri disampaikan juru bicara Taliban Yousuf Ahmadi.

“Mereka mulai keluar dari penjara pada pukul 23.00 semalam dan dini hari tadi, 541 tahanan kabur dari penjara,” ujarnya. “Mereka semua berhasil menuju pusat-pusat kami dan tak ada pertempuran,” imbuhnya.

Insiden ini merupakan aksi kabur terbesar kedua di penjara Kandahar dalam waktu tiga tahun. Pada tahun 2008 silam, sekitar 1.000 tahanan termasuk para anggota Taliban melarikan diri setelah Taliban menggunakan bom truk untuk meledakkan pintu-pintu gerbang penjara.

Comments are closed.