Gunung Berapi Es Ditemukan

Author - December 16, 2010

Gunung Berapi Es DitemukanBerita Terbaru, Para peneliti baru-baru ini telah menemukan bukti sebuah keberadaan gunung berapi es atau disebut juga dengan cryovolcano. Keberadaan tersebut ditemukan di planet terbesar dalam tata surya yaitu Planet Saturnus. Dengan meluncurkan pesawat luar angkasa Cassini ke bulan Saturnus sejak tahun 1997 akhirnya membuahkan hasil. Pesawat tersebut berhasil menemukan tiga buah gunung berapi es dengan puncak setinggi 1.000-1.500 meter yang mengeluarkan material ke permukaan di sekitarnya.

Para peneliti menyebut suatu daerah di Planet Saturnus yang memiliki gunung berapi itu dengan sebutan Titan. Mereka percaya jika Titan adalah dunia yang aktif. Titan adalah satu-satunya tempat selain bumi yang memiliki danau, sungai, awan, dan sebuah siklus penguapan serta kabut atau hujan, yang menghubungkan semuanya. Puncak dari Cryovolcano tersebut terdapat di daerah Titan bernama Sotra Facula yang letaknya berada di bagian selatan Titan. Penemuan Gunung berapi ini dinamakan oleh sang peneliti dengan sebutan The Rose, karena dari gambar yang ditangkap oleh instrument radar dan infra merah Cassini, Gunung tersebut terlihat seperti bunga mawar.

Penemuan gunung berapi es di Titan ini sudah lama diperkirakan oleh para peneliti. Namun, karena atmosfir yang berkabut sehingga terdapat kesulitan untuk mencari bukti-bukti tersebut. Gunung berapi es ini takkan mungkin mengeluarkan lahar pastinya , namun belum diketahui secara pasti material apa yang telah dimuntahkan oleh gunung itu. Bisa saja air atau almonium dan bisa juga unsure-unsur hidrokarbon. Keberadaan Titan yang memiliki sufat untuk unsure kehidupan akan membantu para peneliti untuk mencari tahu tentang kehidupan di Titan atau mungkin kehidupan pernah ada di Titan.

Comments are closed.