Gunung Bromo Kembali Meletus Hingga 9 Kali

Author - February 23, 2011

Gunung Bromo Kembali Meletus Hingga 9 KaliBerita Terbaru, Gunung Bromo yang terletak di Probolinggo, Jawa Timur, hingga saat ini masih memperlihatkan aktivitasnya. Terbukti pada pagi hari tadi (23/2/3011), gunung tersebut meletus secara susul menyusul hingga 9 kali. Letusan tersebut mengeluarkan kepulan asap berwarna kelabu kecoklatan dengan tekanan sedang dan kuat ke arah langit. “Ketinggiannya mencapai 400 sampai 800 meter dan condong ke arah timur dan timur laut. Saat letusan terjadi, kepulan asap juga disertai dengan gemuruh dan dentuman berkekuatan sedang dan keras,” ujar Kepala Bidang Gempa Bumi dan Gerakan Tanah PVMBG Bandung, Gede Suantika.

Gede menambahkan jika letusan juga disertai dengan keluarnya lontaran material pijar serta bom-bom vulkanik yang melambung hingga ketinggian 300 meter. “Jatuhnya sejauh 500 meter dari pusat letusan,” lanjutnya. Data yang ada juga menunjukkan adanya gempa tremor letusan yang terjadi secara terus menerus dengan amplitudo 6-40 meter. “Pagi ini telah terjadi 9 kali letusan kuat dengan amplitudo 40 milimeter. Lama gempa 20-45 detik,” kata Gede.

Status Bromo saat ini ‘Siaga’. Dengan rekomendasi tidak boleh memasuki kawasan dalam radius 2 km dari pusat letusan. Sementara, untuk cuaca di kawasan Bromo terpantau mendung, suhu udara 12 derajat celsius. Gede Suantika menjelaskan bahwa produk letusan ditinjau dari besar butirnya adalah jenis abu, pasir, lapili, krikil, dan bongkah batuan. Penyebab letusan adalah gas gunungapi. Yakni, (uap air, gas belerang, gas karbon CO, CO2, gas klor, flor dan cianida). Untuk Bromo, gas uap air dan gas belerang lebih dominan.

Comments are closed.