Gunung Bromo Meletus

Gunung Bromo Meletus

Gunung Bromo MeletusBerita Terbaru, Baru saja dinyatakan Awas, Gunung Bromo meletus untuk pertama kalinya pada sore hari pukul 17.45 WIB dan mengeluarkan material vulkanis hingga radius 2 kilometer dari bibir kawah Bromo. Letusan yang terjadi sangat kecil, namun menurut Ketua Tim Tanggap Darurat Gunung Bromo, Gede Suantika mengatakan bahwa letusan kecil ini diprediksi hanya sebagai letusan awal saja dan berkemungkinan besar akan terjadi letusan-letusan lagi yang besar selanjutnya.

Dari letusan itu, terlihat material vulkanis yang keluar seperti debu berwarna hitam keabu-abuan dan lebih tebal dibandingkan sebelumnya. Sejauh ini belum dapat diprediksi kapan akan terjadi letusan lagi pada Gunung Bromo. Akan tetapi, Gede yakin bahwa akan terjadi letusan lagi yang lebih besar sebab gempa tremor sudah mencapai 15mm. Gempa Tremor itu bisa saja meningkat drastis menjadi 40mm saat terjadi letusan eksplosif seperti tahun 2000 dan 2004.

Sementara itu, warga sekitar yang mengetahui letusan tersebut masih dalam keadaan waspada dan masih tinggal di rumah masing-masing karena jarak yang jauh dengan pemukiman warga dan juga Gunung Bromo merupakan lautan pasir. Jadi jika meletus pun, hanya akan mengenai lautan pasir itu. Namun pemerintah setempat terus menghimbau kepada warga untuk berwaspada dan tidak melakukan aktivitas di dekat gunung Bromo.