Gunung Dieng Keluarkan Gas Beracun

Author - May 30, 2011

Gunung Dieng Keluarkan Gas BeracunBerita Terbaru, Wilayah gunung berapi Dieng yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Wonosobo dengan Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, telah dinyatakan berbahaya setelah aktivitas gunung tersebut terus meningkat. Gunung berapi tersebut kini telah naik status menjadi waspada (level II). Meski begitu, himbauan tersebut rupanya tak menjadikan suatu ancaman bagi para warga yang tinggal di sekitar gunung berapi Dieng. Sejumlah warga masih terlihat berani beraktivitas dengan jarak yang sangat dekat dari kawah timbang.

Kepala Markas PMI Kabupaten Banjarnegara, Edi Purwanto mengatakan bahwa pihaknya sudah melarang warga untuk mendekati kawah Timbang karena sangat berbahaya, namun para warga tidak mendengarkannya. Maka, Edi memerintahkan para petugasnya untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat yang tinggal di sekitar gunung, guna meningkatkan kewaspadaannya.

Kondisi gunung Dieng saat ini dikatakan oleh Edi telah mengeluarkan gas CO2 yang disusul dengan seringnya terjadi gempa vulkanik. “Gas dari kawah itu terus menyembul, bahkan hari ini sudah terjadi 13 kali gempa vulkanik,” ujar Edi saat dihubungi melalui telepon. Palang Merah Indonesia Provinsi Jawa Tengah segera melakukan evakuasi terhadap warga Desa Sumberejo yang tinggal di dekat sekitar gunung Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah.

Sebanyak 140 kepala keluarga (KK) atau sekitar 510 jiwa dari desa Sumberejo Dusun Simbar, dan 151 KK atau sekitar 669 jiwa dari Dukuh Serang, dan ratusan warga Dukuh Kaliputih siap untuk dievakuasi. Berdasarkan data terakhir pada pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Dieng, kata dia, terjadi peningkatan kandungan gas CO2 pada pukul 11.17 WIB, Sabtu 28 Mei 2011, sebanyak 0,86 persen volume. Sedangkan batas aman kandungan CO2 hanya 0,5 persen volume.

Comments are closed.