Gunung Lokon Semburkan Abu Vulkanik Setinggi 500 meter

Author - July 17, 2011

Gunung Lokon Semburkan Abu Vulkanik Setinggi 500 meterBerita Terbaru, Aktivitas gunung Lokon kembali meningkat. Minggu (17/7/2011) sekitar pukul 11.30 WITA, gunung yang terletak di Tomohon, Sulawesi Utara itu kembali meletus dan menyemburkan abu vulkanik yang membentuk awan setinggi 500 meter. Gumpalan tersebut terlihat sampai ke Manado. Letusan kali ini bersamaan dengan rencana pemerintah kota Tomohon untuk merelokasi pengungsian dari tempat-tempat sekolah ke wilayah lain agar tidak mengganggu kegiatan belajar mengajar.

Hingga kini, telah tercatat jumlah pengungsi Gunung Lokon sudah mencapai 4.000 orang lebih. Sementara itu, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi menyatakan bahwa keluarahan Kinilow (Lingkungan 1, 2, 3 dan 7), Kinilow I (Lingkungan 5) dan keluarahan Kakaskasen I termasuk ke dalam kawasan zona merah atau berbahaya. Pemerintah berharap dalam bencana ini tidak sampai menjatuhkan korban jiwa tentunya dengan penanganan dan perhatian yang fokus kepada para warga yang tinggal di sekitar Gunung Lokon.

Sebanyak 3.947 orang pengungsi yang saat ini di empat titik pengungsi akan disebar ke 23 titik pengungsi di Balai Pertemuan Umum (Balai Desa) dan Unima. Alasan relokasi karena keempat lokasi pengungsian adalah sekolah yang pada Senin (18/7/2011), akan memulai aktivitas belajar. Sekolah tersebut adalah SMA Kristen Binous, SMA Kristen 1 dan 2, SMP 1 Tomohon, dan SD GMIM.

Pengungsi kelompok rentan (lansia, perempuan hamil, penderita cacat, balita) dan keluarganya akan direlokasi dalam satu lokasi di FIS Unima. Tercatat ada 991 orang pengungsi kelompok rentan. Sebagian pengungsi sudah mendapat sosialisasi tentang rekolasi. Dapur umum, transportasi, pos kesehatan, dan lainnya disiapkan untuk relokasi tersebut.

Comments are closed.