Harga Sembako Mulai Naik

Harga Sembako Mulai Naik. Berita terbaru, Harga berbagai kebutuhan pokok di sejumlah daerah terus mengalami kenaikan. Bahkan, di Purwakarta, Jawa Barat, kenaikan hingga mencapai 150 persen.
Harga Sembako Mulai Naik
Harga cabai merah mengalami kenaikan dari Rp 15 ribu menjadi Rp 40 ribu per kilogram. Ini berarti kenaikan melewati 150 persen. Begitu juga dengan harga daging ayam, yang naik dari Rp 16 ribu menjadi Rp 25 ribu per kilogram.

Sementara harga bawang merah naik dari Rp 7.000 menjadi Rp 18 ribu per kilogram. Untuk bawang putih, naik dari Rp 12 ribu menjadi Rp 22 ribu per kilogram. Kenaikan diperkirakan akibat berkurangnya pasokan dari petani. Besar kemungkinan, harga bahan pokok akan terus naik hingga jelang Ramadan nanti.

Di Medan, Sumatra Utara, pemerintah setempat langsung turun ke pasar tradisional untuk memantau harga kebutuhan pokok. Langkah ini untuk mengatisipasi tidak stabilnya harga menjelang Ramadan.

Menurut para pedagang, harga beras diperkirakan tidak akan mengalami kenaikan karena stok masih cukup. Namun, harga beberapa bahan pokok, seperti cabai merah, bawang merah, kentang, dan wortel diperkirakan naik 50 persen. Soalnya, sayur mayur banyak diekspor ke luar negeri oleh distributor. Ini membuat stok di pasar-pasar tradisonal menjadi berkurang.

Comments are closed.