Hasil Pertandingan Indonesia VS Thailand 2-1

Hasil Pertandingan Indonesia VS Thailand 2-1

Hasil Pertandingan Indonesia VS Thailand 2-1Berita Terbaru, Pertandingan yang berlangsung malam tadi (7/12/2010), berlangsung sangat menegangkan. Keduanya adalah tim yang berat, apalagi Thailand harus menang agar dapat lolos ke babak semifinal. Pada pertandingan babak pertama, terlihat Thailand lebih sering menyerang dan berkali-kali mengancam gawang Indonesia yang dijaga Markus Harison. Pada pertandingan itu, Indonesia tidak menurunkan sejumlah pemain utama, termasuk sang kapten Firman Utina. Ini sebagai salah satu strategi sang pelatih Alfred Riedl agar pemain utama mempunyai kondisi fit saat berlaga di babak semifinal nanti sementara pertandingan melawan Thailand, Indonesia sudah dipastikan melaju ke babak semifinal meski kalah.

Ancaman untuk Indonesia terjadi pada menit ke-41 saat tandukan Suttinun Phukhom melewati kipper Markus Harison, beruntung Eka Ramdani telah berada di posisi yang tepat dan membuang bola secepat mungkin. Babak pertama berakhir dan kedudukan sementara masih imbang dengan skor 0-0.

Babak kedua dimulai dan masih terlihat penyerangan masih didominasi oleh tim gajah putih, Thailand. Akhirnya, penyerangan yang dilakukan Thailand mengancam kembali kipper Markus Indonesia pad menit ke-50, Markus membuat blunder ketika ia maju dan gagal menepis bola menyilang di kotak penalty. Datsakom Thonglao langsung menyambut bola dengan tendangan keras, namun masih dapat digagalkan oleh Maman Abdurahman yang sudah berjaga di depan gawang Indonesia dan langsung mengusir bola dengan tandukannya.

Pada menit ke-55, Thailand kembali membuka peluang lewat tendangan salto Kirati Keawsombut. Namun, tendangan tersebut kurang keras sehingga dengan mudahnya kipper Markus menangkap bola itu. Tak lama kemudian, Thailand berhasil memasukkan bola lewat Kirati namun gol tersebut dinyatakan tidak sah setelah hakim garis terlebih dahulu mengangkat bendera sebagai tanda bahwa kirait telah berdiri offside sebelum mencetak gol.

Gawang Indonesia akhirnya terbobol dengan pasti oleh aksi Suree Sukha pada menit ke-69 saat bola liar yang mengarah padanya langsung ia sambut dengan tendangan voli melambung jauh mengarah ke tiang jauh. Markus tidak sempat untuk menepis bola tersebut, karena posisi bola memang sangat jauh dan sulit untuk ditepis. Pertandingan semakin menegang, Indonesia melancarkan serangan terus-menerus untuk mengejar poin dari Thailand.

Sepuluh menit menjelang usai pertandingan, Indonesia memuncak dan hampir saja penyerang Cristian Gonzalez memasukkan bola yang sudah melewati kipper Thailand yang pernah berkiprah di klub Persib Bandung ini, Kosin Hathairanakol. Gonzalez dijatuhkan ketika hendak mengejar bola di kotak penalty. Wasit pun meniup pluit dan menunjuk garis putih memberikan hadiah tendangan penalty bagi Indonesia. Sang eksekusi terpilih adalah sang kapten Indonesia, Bambang Pamungkas. Tendangan keras yang melesat ke arah kanan gawang Thailand tak bisa Kosin tepis dan bola pun melesat masuk ke gawang Thailand. Dengan ini, Indonesia menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Dua menit menjelang bubar, penyerang Indonesia, Arif Suyono menyelesaikan tendangannya di luar kotak penalty Thailand. Beruntung, tendangan tersebut membentur tangan Panupong Wongsa dan wasit pun memberikan kartu kuning kedua mejadi kartu merah kepada Panupong. Tendangan penalty pun diberikan dan eksekusi tendangan masih dipercayakan kepada sang kapten Bambang Pamungkas. Berhasil, Bambang melancarkan tendangan kedua kalinya dengan mengelabui kipper Kosin Hathairanakol dan berhasil melesat ke dalam gawang Indonesia. Dengan itu, skor Indonesia menjadi unggul atas Thailand menjadi 2-1. Thailand tidak dapat mengejar poin Indonesia dikarenakan waktu yang sudah menjelang habis hingga pertandingan usai dan skor tetap sama dimenangkan oleh Indonesia 2-1.

Dengan kemenangan ini, Thailand gagal untuk melaju ke babak semifinal dan sebagai gantinya Malaysia yang telah mengalahkan Laos dengan skor telak 5-1 berhasil melaju ke babak semifinal bersama Indonesia dan melawan Grup B AFF yaitu Vietnam dan Singapura.