ICON+ Distrukturisasi Oleh Datacraft

Author - July 4, 2010

ICON+ Distrukturisasi Oleh Datacraft. Berita terbaru, anak perusahaan PT PLN (Perusahaan Listrik Negara) (Persero) telah memercayakan pekerjaan untuk retrukturisasi jaringan backbone-nya kepada Datacraft. Informasi yang diperoleh pada Kamis (1/7/2010) menunjukkan, pekerjaan tersebut guna menghubungkan 14 lokasi di sepanjang kepulauan Indonesia.
ICON+ Distrukturisasi Oleh Datacraft
Backbone baru dengan kapasitas besar tersebut, nantinya, akan meningkatkan lingkup penawaran ICON+ yang meliputi pengiriman data dan suara berkecepatan tinggi, kebutuhan internet broadband, dan video.

Jaringan IP VPN (internet protocol virtual private network) ICON+ terbentang sejauh lebih dari 27.300 km di sepanjang pulau Jawa, Bali, dan Sumatera dengan memanfaatkan jalur bebas PLN. Mengingat meningkatnya permintaan akan jaringan, ICON+ segera meretrukturisasi topologi P/PE guna menaikan tingkatan availabilitas, stabilitas, dan kemanannya. “Jaringan kami harus terus beroperasi sepanjang hari,” ujar Ritme Aulia Jaffar, Direktur Perencanaan dan Operasional ICON+.

Tim Datacraft memulai pekerjaan konsultasi dengan mengevaluasi infrastruktur IT ICON+. Berdasarkan temuan dan analisis, tim tersebut kemudian mengusulkan hal-hal yang perlu dilakukan untuk merestrukturisasi jaringan. Desain jaringan dan perangkat yang diperlukan juga termaktub dalam proposal tersebut. ICON+ kemudian menerima rekomendasi tersebut dan menunjuk Datacraft untuk mengeola dan menjalankan project ini. Ini meliputi pembelian seluruh perangkat, pemasangan dan konfigurasi, uji kinerja siap operasi dan dokumentasi.

Di dalam proposal, Datacraft merekomendasi pemasangan router backbone seri Cisco CRS-1 dan segregasi router P/PE di dalam jaringan inti IP untuk kapasitas, skalabilitas dan penggunaan bandwidth yang lebih efisien.

“Dengan skala proyek yang besar seperti ini, penting bagi tim integrasi untuk dapat mengelola seluruh aspek pengerjaan proyek dan mentransisi ke backbone baru dengan lancar,” ujar Bambang Patrap Yakin, Presiden Direktur PT Datacraft Indonesia.

Comments are closed.