Indonesia Vs Maladewa

Indonesia Vs Maladewa. Berita terbaru, Setelah batal main di laga Indonesia versus Uruguay, Jumat 8 Oktober malam ini, PSSI tetap akan menurunkan tiga pemain keturunan di timnas Indonesia saat melawan Maladewa, Selasa 12 Oktober mendatang.
Indonesia Vs Maladewa
Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Iman Arif menegaskan bahwa pihaknya tidak ingin menyia-nyiakan ketiga calon pemain naturalisasi yang sudah datang dan ikut latihan. PSSI tak akan menginginkan mereka sekedar menjadi penonton saja.

“Kami tidak ingin mereka hanya latihan dan menjadi penonton saja. Karena itu akan dialihkan ke pertandingan lain saat melawan Maladewa,” ujar Iman Arif.

Tiga pemain asal Belanda keturunan Indonesia yakni Johnny Rudolf van Beukering, Rafael Guillermo Eduardo Maitimo dan Tobias Waisapy sudah sejak awal pekan ini tiba di Jakarta dan berlatih bersama timnas Indonesia di bawah asuhan pelatih Alfred Riedl.

Rencananya, pertandingan Indonesia vs Maladewa akan digelar di Stadion Siliwangi Bandung mulai pukul 19.30 WIB. Di sana lah PSSI akan melihat apakah ketiga pemain keturunan ini mampu memadukan permainan dengan timnas Indonesia.

“PSSI memiliki pertimbangan untuk tetap menurunkan tiga pemain keturunan. Karena itulah dengan menurunkan mereka (saat melawan Maladewa), PSSI bisa mengevaluasi ketiganya. Apakah bisa padu atau tidak,” tuturnya.

Batalnya penampilan ketiga calon pemain naturalisasi ini mengacu pada ketentuan FIFA. Mereka bisa dianggap sebagai pemain asing karena belum memegang paspor negara yang bersangkutan.

Hal itu ditegaskan FIFA dalam suratnya yang ditandatangani Sekretaris Jenderal, Jerome Valcke kepada PSSI, Rabu lalu.

Selain terbentur peraturan FIFA, Uruguay juga menolak pemain keturunan Indonesia untuk bermain. Pihak Uruguay menginginkan pertandingan berlangsung seperti regulasi FIFA.