Inilah Calon-Calon Pengganti Direktur IMF Strauss-Khan

Author - May 17, 2011

Inilah Calon-Calon Pengganti Direktur IMF Strauss-Khan – Strauss-Khan berkemungkinan akan meninggalkan jabatannya sebagai Managing Direktur IMF. Ini dikarenakan atas kasus tuduhan yang ditujukan kepadanya karena melakukan pelecehan seksual kepada salah satu pelayan hotel di New York beberapa waktu lalu.

Saat ini kedudukan Strauss-Khan digantikan oleh Deputi Direktur IMF, John Lipsky. Namun John Lipsky tidak akan lama menduduki status tersebut dikarenakan masa jabatan Lipsky akan berakhir pada 31 Agustus 2011.

Atas kekosongan ini, beberapa nama mulai bermunculan untuk menggantikan Strauss-Khan, beberapa nama besar disebut-sebut sebagai calon pengganti Direktur IMF Strauss-Khan, siapa sajakah mereka? Berikut calon-calonnya :

Kemal Dervis (Turki)
Dervis sepertinya akan menjadi kandidat Direktur IMF jika nantinya jatuh ke tangan non-Eropa. Dervis yang kini menjabat sebagai Vice President dan Direktur Global Economi and Development program di Brooking Institution dikenal piawai menggawangi perekonomian Turki setelah diterpa krisis finansial di tahun 2011. Ia berperan dengan menekankan reformasi dan membantu mengamankan bailout miliaran dolar AS dari IMF.

Dervis meninggalkan Turki untuk bergabung dengan Bank Dunia pada tahun 1978, dan menjadi vice president lembaga tersebut pada tahun 1996. Ia kembali ke Turki pada tahun 2001 untuk menteri Menteri Perekonomian saat negara tersebut menghadapi kolapsnya bank, melonjaknya inflasi dan devaluasi mata uang.

Christine Legarde (Prancis)
Jika pos Direktur IMF jatuh ke tangan Eropa, maka Menteri Keuangan Prancis Christian Lagarde tampaknya akan menjadi salah satu kandidat kuat. Jika terjadi, maka ia akan menjadi pemimpin wanita pertama di institusi tersebut.

Lagarde pada tahun 2009 terpilih sebagai menteri keuangan terbaik di Eropa oleh Financial Times. Ia berhasil memenangkan rasa hormat dari pasar selama krisis finansial global dan membantu Prancis dalam melakukan negosiasi seperti di G20.

Namun langkah Lagarde mungkin akan tersandung kewarganegaraannya. Seperti diketahui, Prancis telah ‘menguasai’ pimpinan IMF selama 26 tahun, untuk 33 tahun terakhir. Apalagi wakil Prancis terakhir harus ternoda oleh kasus skandal Strauss-Kahn.

Lagarde juga kemungkinan akan menghadapi masalah terkait perannya dalam memberikan kompensasi finansial terharap pebisnis Prancis, Bernard Tapie.

Trevor Manuel
Manuel, 55 tahun merupakan mantan Menteri Keuangan Afrika Selatan di era 1996-2009. Ia telah dikenal sebagai kandidat pejabat IMF, Bank Dunia. Namun sejumlah orang menilai ia lebih cocok berada di lembaga yang ingin memberantas kemiskinan seperti Bank Dunia.

Lahir di Cape Town, Manuel merupakan pendiri dari Uni Democratic Front. Ia pernah dipenjara berkali-kali oleh pemerintah Afsel karena aktivitas politiknya.

Ia dikenal piawai saat menangani krisis finansial global, meski sebelumnya sempat diragukan karena mengalami transisi dari aktivis bercelana jeans menjadi menteri berjas gelap.

Agustin Carstens (Meksiko)
Carsten, 52 tahun telah menghabiskan karir profesionalnya sebagai pembuat kebijakan ekonomi di negaranya. Ia menjadi Gubernur Bank Sentral Meksiko pada Januari tahun 2010 setelah sebelumnya menjadi Kepala Ekonom bank sentral tersebut,

Debutnya pernah menimbulkan pertanyaan seputar independensi bank sentral setelah Carstens diketahui bekerja dekat dengan pemerintah dan mengundang menteri keuangan untuk berdiskusi seputar kebijakan moneter.

Namun ia telah sukses menjadi Deputi Managing Director IMF dari tahun 2033-2006, sebelum akhirnya kembali ke Meksiko untuk menjadi koordinator program kebijakan ekonomi Presiden Felipe Calderon. Ia kemudian menjadi Menteri Keuangan.

Montek Singh Ahluwalia(india)
Ahluwalia, 67 tahun merupakan penasihat ekonomi yang berpengaruh pada Perdana Menteri India Manmohan Singh. Ia bekerja untuk membuat gambaran kunci dari reformasi ekonomi pada pertengahan 1980pan.

Ia merupakan pendukung dari pasar terbuka, yang memaksa pemerintah untuk mengakhiri kontrol harga bahan bakar dan mengilangkan hambatan bisnis-bisnis asing saat perannya sebagai Deputi Chairman Komisi Perencanaan India. Pos tersebut dipegangnya sejak 2004.

Sebelum itu, Ahluwalia berperan sebagai Direktur I Kantor Evaluasi Independen IMF. Ia memulai karirnya di Bank Dunia, bergabung dengan pemerintah India sebagai penasihat ekonomi dan MenteriKeuangan pada tahun 1979. Ahluwalia kemungkinan akan terhambat masalah usia untuk pencalonannya.

Comments are closed.