Inilah Cara Mengatasi Sakit Perut Karena Jengkol

Author - March 11, 2011

Inilah Cara Mengatasi Sakit Perut Karena Jengkol – Bagi sebagian orang jengkol merupakan salah satu makanan yang mengenakkan,tapi perlu diingat,kebanyakan makan jengkol bisa berakibat keracunan pada diri anda.Namun hal itu dapat diatasi dengan beberapa cara sehingga anda akan terbebas dari keracunan jengkol.

Selain memiliki bau yang tidak mengenakkan jengkol juga bisa berakibat fatal jika anda mengkonsumsinya terlalu banyak. Keracunan jengkol dipicu oleh asam jengkolat (jengkolic acid) yakni sejenis asam amino yang terkandung dalam biji jengkol. Endapan asam jengkolat membentuk kristal dengan ujung runcing yang bisa melukai pembuluh darah dan saluran kencing.

Berikut ciri-ciri orang yang keracunan jengkol :
1. Merasakan nyeri perut
2. Mual-muntah
3. Susah buang air kecil atau disebut juga ‘anyang-anyangan’.
4. Pada tingkatan yang lebih parah, volume air kencing yang

dikeluarkan berkurang dan kadang-kadang disertai bercak darah.
Jika hanya merasakan nyeri perut, muntah dan suah buang air kecil, pengatasannya cukup dengan minum air putih sebanyak-banyaknya. Ada juga yang menyarankan gerusan arang yang ditambahkan dalam air putih, untuk diminum agar bisa menyerap racun jengkol yang masih berada di saluran pencernaan.

Namun jika sudah disertai kencing darah dan tidak doyan minum, maka sebaiknya dibawa ke dokter atau rumah sakit terdekat. Biasanya dokter akan memberi infus natrium bikarbonat untuk menyeimbangkan komposisi kimia dalam tubuh usai keracunan asam jengkolat.

Comments are closed.