Inilah Gejala-Gejala Kutil Kelamin

Author - February 21, 2011

Inilah Gejala-Gejala Kutil Kelamin – Kutil kelamin merupakan penyakit yang mudah menular saat berhubungan seks.Siapa saja bisa tertular oleh penyakit ini, baik itu wanita maupun pria.Untuk itu, jagalah kebersihan di area intim anda agar terhindar dari penyakit tersebut.

Kutil Kelamin juga dikenal sebagai genital warts atau Condiloma acuminata, adalah salah satu jenis penyakit menular seksual yang disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV) yang juga dapat menyebabkan kanker serviks pada wanita. Meski bukan penyakit yang mengancam kehidupan, tapi kutil kelamin dapat mengganggu kehidupan.

Seperti namanya, kutil kelamin mempengaruhi jaringan lembab di daerah genital. Penyakit yang bentuk dan warnanya seperti gumpalan daging ini bisa bertumbuh semakin besar ataupun tetap rata (tidak membesar), jumlahnya bisa satu atau banyak, ukurannya bisa besar atau pun kecil.

Bagi pria sendiri kutil kelamin dapat terjadi di ujung atau batang penis, skrotum atau anus. Kutil kelamin juga dapat berkembang di mulut atau tenggorokan dari orang yang kemungkinan melakukan oral seks dengan orang yang terinfeksi.

Berikut gejala-gejala kutil kelamin :

1. Ada area kecil berwarna abu-abu yang bengkak di sekitar genital
2. Beberapa kutil berdekatan yang menyerupai kembang kol
3. Gatal atau rasa tidak nyaman di daerah genital
4. Perdarahan saat bersetubuh

Untuk penyembuhan sendiri,kutil kelamin dapat sembuh dengan sendirinya,namun anda harus menjalani beberapa syarat agar terhindar dari penyakit yang mengganggu ini .

Syaratnya adalah si penderita harus meningkatkan kekebalan tubuhnya. Caranya si penderita harus makan makanan yang sehat, olahraga dan yang penting menjaga daerah kelamin tetap kering.

Comments are closed.