Inilah Isi Surat FIFA Tentang Ancaman Sanksi

Inilah Isi Surat FIFA Tentang Ancaman Sanksi – Masyarakat Indonesia saat ini dihebohkan dengan masuknya kembali Nurdin Halid kedalam daftar calon Ketua umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).Karena masalah ini berbagai perseteruan terjadi menjelang pemilihan ketua umum tersebut.Di tambah dengan kabar FIFA akan memberi sanksi kepada Indonesia tentang intervasi yang mengancam indepedensi PSSI tersebut.seperti apa sanksinya?.

Dilansir dari inilah.com,berikut isi surat lengkap dari Sekjen FIFA Jerome Valcke berkode SG/tre/pco yang dikirimkan melalui email pada Kamis, 24 Februari 2011 kepada Sekjen PSSI Nugraha Besoes :

Yth.Sekretaris Jenderal,

Kami beritahukan surat Saudara tanggal 22 Februari 2011 telah diterima, berkaitan dengan pernyataan kepada umum dari Menteri Olahraga Republik Indonesia tentang pemilihan Pengurus Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia yang akan datang.

Kami memahami dari pernyataan yang telah anda terjemahkan untuk kami bahwa Menteri Olahraga meminta Komite Pemilihan untuk mengubah beberapa keputusan yang telah ditetapkan terhadap beberapa orang calon yang akan ikut pada pemilihan yang akan datang. Selanjutnya Menteri nampaknya memperingatkan apabila dalam hal instruksi tidak dipatuhi, pemerintah dan komite olimpiade Indonesia akan mengambil tindakan terhadap PSSI.

Secara materi ancaman dalam pernyataan dari Menteri tersebut, jelas telah melanggar Statuta FIFA dan terlebih lagi khususnya Pasal 13 dan 17 yang menyatakan antara lain bahwa asosiasi sepakbola harus mengelola kegiatan-kegiatan mereka secara independen dan memastikan bahwa kegiatan-kegiatan mereka sendiri tidak dipengaruhi oleh pihak ketiga siapapun, sebagai tambahan pelanggaran terhadap kewajiban-kewajiban ini akan mengakibatkan dijatuhkannya sanksi. Oleh karena itu penting memberitahukan menteri tentang sikap FIFA dan kemungkinan konsekuensi yang akan diterima PSSI, apabila penguasa tetap kukuh pada intervensi mereka.

Ini menunjukkan bagaimana FIFA sangat menaruh perhatian terhadap kegiatan-kegiatan yang berlangsung di sekitar pemilihan pengurus PSSI dan dalam hubungan ini kasus pemilihan pengurus PSSI akan dibicarakan dalam pertemuan Komite Asosiasi FIFA mendatang, yang akan diadakan pada tanggal 01 Maret 2011.

Kami mengucapkan terimakasih atas perhatian anda terhadap penjelasan diatas, dan agar memberitahukan kami bilamana ada perkembangan.

Hormat Kami,

FIFA

ttd
Jerome Valcke
Sekretaris Jenderal

Comments are closed.