Inilah Pengganti Mbah Maridjan Sang Pawang Merapi

Author - April 5, 2011

Inilah Pengganti Mbah Maridjan Sang Pawang MerapiBerita Terbaru, Setelah tiga bulan lamanya melakukan pencarian untuk menggantikan posisi Mbah Maridjan yang telah tewas sebelumnya akibat bencana gunung Merapi, akhirnya Keraton Yogyakarta sudah berhasil mengantongi nama yang akan menjadi pengganti Mbah Maridjan. Siapakah dia? Dia tak lain adalah putra dari Mbah Maridjan, Mas Bekel Anom Suraksosihono, atau Asih (46) yang terpilih dan ditugaskan sebagai juru kunci gunung Merapi menggantikan peran ayahnya. Asih terpilih setelah mengalahkan delapan kandidat lainnya pada proses seleksi yang diadakan Keraton Yogyakarta.

Seleksi tersebut sudah dilakukan sejak 11 Februari 2011, dengan empat kriteria penilaian, yakni: bidang keagamaan, kebudayaan, kekeratonan, dan kemasyarakatan. Asih berencana mengandalkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mengetahui segala kondisi Merapi.

“Saya tidak ingin mengandalkan firasat. Kami harus mengikuti perkembangan zaman,” kata Asih yang juga karyawan di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta. Meski demikian, tradisi labuhan dan semacamnya, masih akan dilakukan. Sebab, hal tersebut sudah menjadi kebiasaan warga lereng Merapi.

Comments are closed.