Inilah Wajah dan Identitas Pelaku Bom Cirebon

Author - April 17, 2011

Inilah Wajah dan Identitas Pelaku Bom CirebonBerita Terbaru, Pelaku bom Cirebon yang meledakkan diri di Masjid Adzikra Mapolres Cirebon saat shalat Jumat berlangsung (15/4), diduga telah memiliki dua identitas. Dari hasil autopsi yang dilakukan oleh kepolisian, menemukan dua nama atau identitas yang berbeda pada lelaki tersebut namun memiliki kesamaan pada beberapa data identitasnya. Lelaki tersebut berasal dari Dusun Senen Gang 30 Bata RT 03/01 Desa Panjalin Kidul Kecamatan Sumberwaras Kabupaten Majalengka. Saat kediamannya didatangi, muncul seorang wanita bernama Sri Maliha (27) yang diduga adalah istri pelaku.

Pelaku bom bunuh diri itu memiliki dua nama yakni Mochamad Sarip dan Muchamad Syarif. Meskipun namanya agak berbeda, namun dari data tanggal dan tempat lahirnya sama, yakni Kota Cirebon, 20 Agustus 1979. Begitupun dengan nama ayahnya memiliki kesamaan yaitu, Abdul Gafur. Nama Mochamad Sarip tertera pada buku atau surat nikah bersama istrinya Sri Maliha. Sementara nama Muchamad Syarif dituliskan pada kartu keluarga (KK) orangtuanya yang beralamat RT 03/05 Kelurahan Pekalipan Kecamatan Pekalipan Kota Cirebon.

Sri sendiri menyatakan, nama suaminya adalah Muchamad Sarip. “Namanya suami saya Sarip, pake P,” ujar Sri saat ditemui wartawan di kediamannya di Dusun Senen, Sabtu (16/4/2011). Sarip sendiri merupakan anak keempat dari delapan bersaudara pasangan Abdul Gofar (63)-Sri Mulat (56). Ketiga kakaknya, yakni Diana Rosdiawati (39), Lis Ambarsari (37), dan Suherman (36). Sedangkan empat adiknya, yakni Nurlaela (31), Achmad Basuki (29), Imam Aji (28), dan Muchamad Fatoni (23).

Pihak kepolisian sendiri secara resmi hanya merilis inisial terduga pelaku bom bunuh diri, yakni MS yang tercatat sebagai warga RT 03/05 Kelurahan Pekalipan Kecamatan Pekalipan Kota Cirebon. Hal tersebut berdasarkan penyelidikan dari berbagai data dan fakta serta hasil intelijen.

Kapolda Jabar Irjen Pol Suparni Parto mengungkapkan, untuk memastikan 100% bahwa pria bernama MS tersebut merupakan pelaku bom bunuh diri, pihaknya masih menunggu hasil tes DNA dan sampel darah keluarga yang diduga pelaku. Untuk itu, pihaknya juga sudah mengambil sempel darah ibu kandungnya, Ny Sri Mulat dan salah satu adiknya. “Kami sudah membawa dua anggota keluarganya yaitu ibu kandung dan adik yang diduga pelaku tersebut. Saat ini mereka berada di Jakarta,” ungkapnya.

Sebelumnya, dugaan siapa pelaku bom bunuh diri di Mapolres Cirebon Kota tersebut, mengarah pada Mochamad Sarip. Suami dari Sri Maliha yang tengah hamil 9 bulan tersebut juga merupakan tersangka pembunuhan anggota Kodim Cirebon Kopral Kepala Sutejo, tengah tengah diburu polisi sejak dua pekan lalu.

Dugaan terlibatnya Sarip dalam bom bunuh diri di Mapolres Cirebon Kota, mengemuka setelah salah satu kerabatnya, Elang Rasyid mengenali wajah pelaku bom tersebut mirip keponakannya. Identitas warga Jalan Pekalipan Kota Cirebon ini diketahui setelah SIM atas nama dirinya ditemukan di lokasi tempat pembunuhan sadis Kopral Sutejo di Jalan Raya Talun, Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon.

Comments are closed.