Irlandia Utara Bentuk Kabinet Via Twitter

Author - May 14, 2011

Irlandia Utara Bentuk Kabinet Via TwitterBerita Terbaru, Bisa dikatakan hal ini akan menjadi pertama kalinya dalam sejarah, sebuah pemerintahan terbentuk melalui sebuah jejaring sosial Twitter. Hal itu dilakukan di Irlandia Utara, bagian dari Kerajaan Inggris Raya. Posisi pemerintahan diambil dari lima partai yang berkumpul di Twitter pada Jumat 13 Mei 2011. Kelima partai tersebut mengambil posisi pemerintahan dengan cara menulis status posisi kementerian yang mereka inginkan.

Seluruh menteri yang terpilih, langsung diumumkan kepada dunia dan mitra koalisi secara bergantian dengan twit. Partai yang paling dominan, Partai Persatuan Demokratik, tampil lebih dulu dan memilih Kementerian Keuangan, yang memang paling berpengaruh. Berikutnya, Partai nasionalis Irlandia, Sinn Fein, memilih Kementerian Pendidikan. Dalam setengah jam kemudian, sepuluh posisi kementerian telah habis dibagi.

Peristiwa ini adalah yang pertama kali dalam sejarah di mana Twitter dipakai untuk sarana membagi formasi koalisi. Dengan begitu, adanya jejaring sosial rupanya sangat membantu juga bukan hanya untuk publik melainkan sebuah pemerintahan. Seperti yang diketahui, saat ini banyak pemberitaan miring mengenai keberadaan jejaring sosial yang memicu hal negatif kepada masyarakat. Jejaring sosial juga dapat memicu tindak kriminal seperti penipuan, penculikan, dan lain-lain.

Comments are closed.