Jadi Media Kampanye, OVJ Dilaporkan

Author - January 19, 2011

Jadi Media Kampanye, OVJ Dilaporkan Berita Terbaru, Program komedi Opera Van Java (OVJ) yang diperankan oleh calon wakil walikota Tangerang Selatan, Andre Taulani, terpaksa harus berurusan dengan Lembaga Swadaya Masyarakat Kebijakan Publik karena dianggap telah melanggar Undang-undang Penyiaran karena diduga telah menyisipkan media kampanye Andre didalamnya. Ketua LSM Kebijakan Publik, Ibnu Djandi, melaporkan OVJ ke KPI terkait tayangan yang mengandung unsur-unsur kampanye Andre Taulani di dalamnya.

“Persoalan yang dilaporkan itu terkait etika penyiaran karena di acara OVJ itu ada salah satu kandidat wakil wali kota di Tangsel. Itu yang saya laporkan ke KPI,” lanjut Ibnu. Menurut Ibnu, selama Andre menjadi kandidat calon wakil walikota Tangerang Selatan, seharusnya ia berhenti sementara dari dunia keartisan termasuk bermain dalam OVJ. Karena hal tersebut, secara tidak langsung akan merugikan kandidat lain dan itu tidak adil.

Untuk memperkarakan OVJ, Ibnu mengaku bahwa ia sudah mempunyai alat bukti yang dapat diserahkan ke KPI yaitu berita rekaman siaran yang tak langsung berbicara soal kampanye Andre. “Kami ke KPI bawa bukti berupa penayangan OVJ dari tanggal 11 Januari 2011 sampai 12 Januari 2011. Ini tidak sesuai dengan unsur undang-undang nomor 32 tahun 2011 tentang penyiaran. Tapi kalau laporannya dimentahkan, ya KPI harus memberikan alasan yang tepat mengenai hal tersebut,” tegas Ibnu.

Comments are closed.