Jalan Berbayar Di Jakarta

Author - December 15, 2010

Jalan Berbayar Di JakartaBerita Terbaru, Pemerintah Jakarta telah merencanakan untuk menerapkan jalan berbayar di beberapa tempat di Jakarta. Penerapan jalan berbayar ini sebelumnya sudah diterapkan di beberapa Negara seperti singapura dan Inggris. Jalan berbayar ini hampir sama dengan jalan tol, jika kendaraan ingin memakai jalan tersebut berarti pengguna kendaraan harus membayar dengan jumlah yang telah ditentukan. Jalan berbayar atau electronic road pricing (ERP) rencananya akan diterapkan di jalan Sudirman, Thamrin, Rasuna Said dan Kota Tua.

Pemberlakuan ERP akan dimulai pada pagi hari mulai pukul 07.00 hingga pukul 10.00 WIB, lalu disambung kembali pada siang hari pada pukul 12.00 sampai 14.00 WIB, dan pada sore hari pada pukul 16.00 hingga pukul 19.00 WIB. Berdasarkan kajian akademin, jalan berbayar akan diterapkan melalui dua cara yakni manual road pricing dan electronic road pricing.

1. Manual Road Pricing
Cara ini adalah penerapan yang paling sederhana dengan menggunakan alat-alat manual seperti Nomor Plat kendaraan dan Stiker. Pada nomor plat kendaraan misalnya ditentukan dari nomor terakhir dari nor kendaraan tersebut. Misalkan jika nomor terakhir tersebut ganjil, maka kendaraan tersebut hanya bisa dilewati pada Senin, Rabu dan Jumat. Sementara untuk nomor genap harus membayar jika ingin melewati jalan berbayar tersebut. Cara kedua dengan penggunaan stiker juga dapat diterapkan dengan cara menandai kendaraan dengan stiker dapat melewati jalan berbayar dan jika tidak mempunyai stiker, pengguna kendaraan tidak diperbolehkan untuk melewati jalan tersebut.

2. Electronic Road Pricing
ALternatif lainnya dapat menggunakan cara elektronik. Cara ini lebih mudah dan parktis dibandingkan dengan cara manual tadi. Selain proses pembayaran yang mudah, memungkinkan juga untuk menerapkan tariff yang berbeda-beda sesuai kondisi kemacetan lalu lintas. Cara pertama dengan menggunakan kamera elektronik untuk merekan nomor kendaraan yang masuk. Setelah itu disambung dengan menggunakan alat pemindai elektronik sebagai alat pembayarannya yang disertai dengan komunikasi secara elektronik.

Comments are closed.