Jangan Biarkan Anak Takut Dengan Hantu

Author - March 4, 2011

Jangan Biarkan Anak Takut Dengan Hantu – Rasa takut anak terhadap hal-hal gaib memang sering kita lihat.Namun sebenarnya,anak-anak tidak pernah takut dengan yang namanya hantu atau semacamnya.Seorang Psikolog menjelaskan rasa takut anak umumnya terjadi karena tertular dengan orang-orang disekitarnya.

Muhammad Rizal, Psi dari Lembaga Terapan Psikologi UI menjelaskan anak kecil sebenarnya tidak mengenal konsep bahwa hantu itu menakutkan, tapi lingkunganlah yang menciptakan konsep tersebut.

Biasanya anak kecil akan takut hantu bila melihat orangtua atau orang-orang di sekitarnya ketakutan dan teriak-teriak saat menonton film atau iklan yang menunjukkan sosok hantu.

Untuk itu orangtua memberi contoh perilaku yang benar dengan tidak menakuti atau menanamkan penilaian bahwa hantu itu menakutkan, karena pada dasarnya anak tidak takut dengan hantu.

Untuk menanamkan stigma positif pada anak,Rizal menjelaskan , orangtua tidak hanya harus menjelaskan bahwa hantu itu seram tetapi juga mencontohkannya secara perilaku.

“Anak-anak itu belajar secara konkret. Kalau orangtuanya bilang hantu itu tidak menyeramkan tapi ternyata teriak-teriak pas nonton film hantu ya sama saja. Caranya jangan berlebihan kalau lihat sosok hantu di TV, jadi anak juga tidak tahu bahwa hantu itu seram,”jelasnya dilansir dari detikhealth.

Orangtua bisa mengajari anak cara membedakan ketakutan di kepalanya dengan bahaya yang sebenarnya. Anak yang sudah bisa memahami konsep “false alarm” dapat membantunya memahami bahwa rasa takut tersebut tidak berarti ada ancaman dan dapat meyakinkan dirinya sendiri untuk menjadi lebih berani.

Comments are closed.