Jepang Batal Tampil di Copa America 2011

Author - May 17, 2011

Jepang Batal Tampil di Copa America 2011Berita Terbaru, Akibat kegagalan dalam membentuk sebuah tim, membuat Tim Samurai harus terpaksa batal untuk tampil di turnamen sepakbola terbesar di Amerika Selatan mendatang yakni Copa America 2011. Ajang turnamen yang digelar mulai 1-24 Juli mendatang di Argentina itu, dipastikan akan digelar tanpa kehadiran tim nasional Jepang. Hal tersebut diungkapkan oleh Presiden Federasi Sepakbola Jepang (JFA), Junji Ogura yang mengirim surat pemberitahuan kepada Federasi Sepakbola Argentina (AFA).

“Karena beberapa hal, kami tidak bisa membentuk sebuah tim untuk berpartisipasi dalam turnamen penting seperti Copa America dan harus menarik diri dari kompetisi itu,” ujar Ogura. JFA tidak bisa membentuk tim yang kompeten karena klub-klub di Eropa, khususnya klub asal Jerman, enggan melepas pemain asal Jepang mereka. Klub-klub tersebut berkilah Copa America tidak ada dalam kalender resmi Federasi Sepakbola Asia (AFC), terlebih jadwal Copa America berbarengan dengan pra-musim 2011/2012.

Timnas Jepang merupakan salah satu dari dua tim undangan yang akan tampil di ajang Copa America 2011. Sementara itu, tim undangan lainnya adalah Meksiko. Semula, Jepang dijadwalkan satu grup bersama tuan rumah Argentina, Kolombia, dan Bolivia di Grup A. Sebelumnya, Jepang memang sudah menarik diri dari keikutsertaannya di ajang Copa America 2011 setelah negara Matahari Terbit tersebut digunjang gempa dan tsunami. Namun, kemudian JFA mengubah pikirannya.

Hingga kini pihak Federasi Sepakbola Amerika Selatan (Conmebol) belum menentukan siapa yang akan menggantikan posisi Jepang. Kosta Rika sempat dikabarkan akan menggantikan posisi Jepang, namun belakangan pihak Kosta Rika membantahnya.

Comments are closed.