Jepang Kembali Diguncang Gempa

Author - March 28, 2011

Jepang Kembali Diguncang GempaBerita Terbaru, Setelah beberapa pekan lalu negara Jepang diguncang gempa dahsyat yang disertai dengan tsunami setinggi 10 meter, pada pagi ini Jepang kembali diguncang gempa berkekuatan 6,5 skala richter yang mengguncang wilayah timur Jepang. Meski gempa ini tidak sehebat sebelumnya yang berkekuatan mencapai 9,0 skala richter, namun Badan Survey Geologi Amerika Serikat mengingatkan kepada seluruh warga Jepang di wilayah timur bahwa gempa yang terjadi pagi ini berkemungkinan terjadi kembali tsunami.

Seperti dikutip dari AP, tidak ada laporan mengenai kerusakan atau korban jiwa. Tapi Badan Meteorologi Jepang mengumumkan kemungkinan tsunami setinggi 0,5 meter di prefektur Miyagi. Peringatan tsunami dikeluarkan Badan Survey Geologi AS sekitar pukul 07.23 pagi waktu Jepang, setelah gempa terjadi di sekitar perairan timur Honshu, Jepang. Gempa diperkirakan berada di kedalaman 5,9 kilometer.

Sebelumnya, gempa besar berkekuatan 9 skala richter memicu tsunami dan menghantam Jepang pada 11 Maret lalu. Akibat hantaman tsunami itu, Jepang pun dilanda bencana nasional yang menimbulkan korban sekitar 18 ribu jiwa. Akibat gempa dan tsunami itu gedung reaktor nuklir pembangkit listrik retak. Itulah yang kemudian memicu bocornya nuklir dan menimbulkan radiasi di sekitar reaktor. Bahaya radiasi itu mencemaskan banyak orang.

Comments are closed.