Kandidat Paling Favorit Pengganti Strauss-Kahn

Author - May 23, 2011

Kandidat Paling Favorit Pengganti Strauss-KahnBerita Terbaru, Setelah tersangkut kasus pelecehan seksual, direktur pelaksana perusahaan Dana Moneter Internasional (IMF) Dominique Strauss-Kahn resmi mengundurkan diri pekan lalu dari jabatannya. Strauss kini sedang menjalani masa tahanan rumah setelah membayar uang jaminan sebesar US$ 1 Juta. Kini posisi direktur pelaksana IMF pun mulai diperebutkan. Nama-nama calon penggantinya mulai bermunculan. Dari beberapa kandidat yang mendaftar, ada salah seorang calon yang paling difavoritkan. Siapakah dia? Dia adalah seorang wanita yang menjabat sebagai Menteri Keuangan Perancis yaitu Christine Lagarde.

Ada apa dengan Lagarde hingga ia menjadi bintang utama dalam pemilihan Direktur IMF? Ia dikenal sebagai sosok yang pintar, serius dalam menangani segala permasalahan, pekerja keras, dan menarik. Ia dipercaya para pengagumnya sebagai bintang utama dalam hal keuangan. Sosoknya diyakini dapat menyelamatkan reputasi negaranya akibat skandal Strauss dan mengisi jabatan di IMF. Kinerja Lagarde selalu menuai banyak pujian, baik dari dalam maupun luar negeri. Lagarde mempunyai kemampuan berbahasa inggris yang sempurna, karena ia menghabiskan sebagian besar kariernya sebagai pengacara di Amerika Serikat.

Yang paling unggul dari Menteri Keuangan Perancis yang menjabat sejak 2007 itu adalah ia kandidat yang diterima di kedua sisi Atlantik. Setelah memperoleh gelar sarjana hukum, Lagarde bergabung dengan firma hukum Amerika, Baker dan McKenzie, yang pertama di Paris. Karirnya terus menanjak hingga akhirnya ia mulai meniti jabatan sebagai direktur perusahaan di Chicago. Ia tetap di Amerika selama 25 tahun dan nyaman di Wall Street.

Dominique Carreau, profesor hukum ekonomi internasional dan penulis beberapa buku tentang IMF menggambarkan Lagarde sosok yang luar biasa. “Ia juga seorang perempuan dan itu penting. Karena tidak ada perempuan yang mengepalai organisasi seperti itu,” katanya. “Ia hampir pasti mendapat dukungan dari Amerika, setelah tinggal di sana dalam waktu lama dan bekerja di salah satu firma hukum terbesar. Dia juga memiliki dukungan di tingkat Eropa.”

Mantan Kepala Ekonom IMF, Kenneth S Rogoff, menilai Legarde sangat mengesankan. “Ia memiliki kepribadian yang kuat dan pintar dalam berpolitik,” katanya kepada The New York Times. “Pada rapat di seluruh dunia, ia diperlakukan seperti bintang rock,” ujarnya.

Namun, Lagarde memiliki beberapa hambatan untuk menduduki kursi petinggi IMF itu. Pertama, ia berasal dari Prancis. IMF mungkin tidak siap untuk menunjuk kembali orang Prancis setelah penangkapan Strauss-Khan. Alasan lainnya adalah ia tengah dalam penyelidikan.

Menteri ini terjebak dalam skandal misterius lebih dari 285 juta euro yang melibatkan tokoh kontroversial pendukung Nicolas Sarkozy, Bernard Tapie. Jaksa telah meminta penyelidikan penuh terhadap peranan Lagarde. Sulit bagi IMF untuk memilih sosok yang dapat menggelincirkan IMF kedua kalinya. Apalagi, Presiden Prancis, Sarkozy kemungkinan tidak mau kehilangan salah satu pembantu yang paling populer, dihormati, dan menteri yang sukses.

IMF mengumumkan proses pencarian direktur baru itu akan berakhir hingga 30 Juni. Apakah itu Lagarde atau calon lain, akan diuji melalui sinyal terkait arah masa depan keuangan dunia. Beberapa calon lainnya adalah mantan Menteri Keuangan Turki Kemal Dervis, Ekonom Jerman Klaus Regling, Menteri Keuangan Singapura Tharman Shanmugaratham, dan mantan Perdana Menteri Inggris, Gordon Brown.

Comments are closed.